Batik Samara Bekasi, Go Internasional Banyak Diminati Kalangan Pejabat

BEKASI– Work Shop UMKM Batik Samara Setia Asih, Tarumajaya ,Bekasi, banjir pesanan dari berbagai daerah diluar daerah, ditengah perekenomian lesu dampak pandemi Covid-19. Strategi pemasaran melalui person to person dan media sosial.

“Saat ini kami terus berinovasi merebut pangsa pasar baik di tingkat lokal maupun tingkat nasional, dengan cara mengikuti berbagai kegiatan pameran dan pemasaran produk Batik Samara melalui Jejaring media sosial maupun person to person,”kata pemilik Bunda Komariah, Selasa (29/9).

Dalam menumbuh kembangkan usaha kecil menengah saat ini, tutur perempuan yang akrab disapa Kokom ini, pihak sering mengikuti pameran diberbagai daerah baik lokal maupun nasional hingga ditingkat Internasional sehingga batik samara lebih dikenal secara luas.

Dia juga sedikit bercerita tentang perjalanan pertama merintis konveksi batik samara. Awal merintis usaha pada tahun 2015 dan pada akhirnya mendapat kepercayaan dari berbagai dinas dengan diikutsertakan setiap pameran UMKM mewakili Kabupaten Bekasi.

“Kita pernah ikut pameran
Batam, Bangka Belitung, Manado, Padang Bukit Tinggi ,Bandung dan Tokyo,Jepang, dan 3 kali ikut JCC, terakhir kemarin 2020 di Jogja,” jelasnya.

Lanjutnya, ada rasa kebanggaan tersendiri selama dipercaya Pemkab Bekasi untuk membantu promosi, mengenalkan batik Bekasi ke manca negara. Batik Bekasi bukan saja dikenal ditingkat nasional tetapi sudah Go Internasional.

Harapan kedepannyan selama ini kami mengajak kepada masyarakat dan para pejabat di lingkungan Pemkab Bekasi, Mari sama-sama, kita promosikan prodak unggulan kita dan cintailah prodak sendiri dengan memakai produk  batik bekasi,  Hal itu sebagai  bentuk membantu promosikan prodak batik sendiri.

“Warga Bekasi dengan memakai batik khas Bekasi sebagai bentuk promosi, Ikut membantu dalam pemasaran pruduk,” tambahnya.

Sementara itu, Mpo Saribah Anggota PKK Setia Asih menyambut positif langkah pengelola Batik Samara (Bunda Kokom-red) yang telah banyak mengikuti banyak kegiatan pameran baik di Jogja maupun di wilayah lainnya serta memberikan pelatihan kepada Ibu -ibu PKK sebagai bentuk pemberdayaan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, Saat ini produksi batik Samara terus meningkat, lantaran banyak pesanan dari berbagai masyarakat luas, semoga batik Samara akan terus semakin menambah perekonomian pelaku UMKM Setia Asih,” Ucap Mpo Saribah.(SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here