Pandeglang Banten, Menjadi Tujuan Wisata Kuliner Destinasi Wisata Alam Terbuka

0
83

PANDEGLANG– Banten merupakan Provinsi di ujung barat Pulau Jawa yang letaknya diantara Selat Sunda dan Jawa Barat serta DKI Jakarta. Banten yang sejak dahulu di kenal sebagai pusat peradaban megalitikum sampai peradaban Islam , Kesultanan Banten merupakan salah satu pusat peradaban tua di Nusantara.

Dengan ditemukannya banyak artefak dan situs di Banten maka fakta sejarah terjawab bahwa Banten adalah pusat peradaban tua yang dimulai sejak puluhan ribu tahun yang lalu hal tersebut di tandai dengan bukti temuan berupa artefak dan Situs Lingga Yoni. Artefak yang ditemukan diantaranya diduga fosil binatang purba juga ada waruga dan menhir semuanya adalah artefak pada zaman megalitikum pada tahun 10.000 SM – 5000 SM. Kemudian ada juga di temukan diduga lingga yoni tua pada masa Hindu Kuno antara abad ke 2 – 4 masehi kemudian juga di temukan genta pendeta trisula dan arca kepala budha di duga dari masa abad ke 6 – 7 Masehi kemudian lanjut masuk masa peradaban Islam Banten.

“Temuan artefak dan situs di Banten mengatakan bahwa artefak dan situs yang banyak di temukan di Banten menduga dari masa pra sejarah hingga masa Hindu kuno dengan bukti dugaan fosil dan artefak waruga dan batu menhir maka dapat di simpulkan sementara bahwa kawasan tersebut merupakan bekas peradaban dari masa kemasa. Ditambah letaknya tepat di kaki gunung pulosar,” ujar Arkeolog Senior asal Bali, I Nyoman Winata, Jum’at (2/10).

Ditambahkanya lagi bahwa artefak di wilayah Banten banyak keunikan jika dilakukan penelitian secara komperhensif maka akan di temukan sesuatu yang luar biasa.

“Kita butuh penelitian secara konprehensif untuk menggali peradaban Banten,”tuturnya.

Kini kawasan tersebut menjadi kawasan wisata peradaban Desa Cikoneng, Pandeglang,Banten, yang saat ini sedang menata diri sebagai sebuah destinasi unggulan di Banten.

Kawasan tersebut juga memiliki beberapa destinasi yang menarik seperti Wisata Kuliner organik Saung Pojok Sawah dan wisata selfi dengan panorama alam yang luar biasa. kawasan tersebut yang kini mulai di kembangkan oleh CV.Tiara Semesta Utama sebagai pengelola dan pengembangan destinasi dan berpatner dengan media online Onediginews.com sebagai media promosi kawasan wisata peradaban tersebut.jika ada yang butuh info tentang kawasan wisata peradaban bisa hubungi 081288009243.(alek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here