Talas Beneng Asal Pandeglang, Rebutan Pasar Mancanegara

BANTEN – Pangsa pasar Talas Beneng asal Pandeglang ,Banten, tidak menyurut ditengah pandemi Corona. Selain menjadi tuan rumah di negeri sendiri dengan banyaknya permintaan hasil olahan Talas Beneng juga permintaan pasar mancanegara juga sangat tinggi.

Sebab beberapa hasil olahan talas beneng yang salah satunya adalah Tepung tapioka sudah di teliti sangat baik untuk kesehatan karena kaya akan serat.Tepung tapioka Talas Beneng kini menjadi bahan baku favorit untuk membuat berbagai makanan terutama kue dan lainnya.di samping umbinya yang menjadi tepung tapioka ternyata daun talas beneng bisa di jadikan bahan baku rokok herbal yang tidak bernikotin sehingga melonjak permintaannya terutama di negara eropa, jepang dan australia.

Pandeglang adalah salah satu daerah penghasil Talas Beneng terbanyak kini para petaninya mulai banyak menanam talas beneng sebagai komoditas utama.Karena permintaannya sangat tinggi dan juga Talas Beneng mudah di tanam sehingga petani tidak perlu biaya besar untuk perawatan talas beneng.

Saat ini adalah momentum kebangkitan petani Talas Beneng asli Pandeglang untuk mensejahterakan ekonomi di masa depan dan tidak selalu bergantung bantuan pemerintah

.Salah satu petani Talas Beneng asal Lebak Bitung, Desa Curuglemo ,Kecamatan Mandalawangi, Jahrani (40) mengatakan bahwa Talas Beneng sangat melimpah ketersediaannya jika ada yang minat untuk membeli talas beneng kami siap memenuhi sesuai kebutuhan.

“Musim ini ketersediaan Talas Beneng cukup melimpah, “kata Jahrani, Senin (5/10).

Sementara Ketua Kelompok tani, Sarta mengatakan bahwa tahun 2024 nanti jika kita tidak bertani Talas Beneng maka siap -siap kita jadi penonton karena kebutuhan akan permintaan talas benrng sangat tinggi terutama di pasar internasional”, tambahnya.(alek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here