PT Sang Hyang Sri Beri Dua Pilihan Alternatif Bagi Petani Sewa

0
51

SUBANG– Direktur PT Sang Hyang Sri, Sukamandi, Subang , memberikan dua alternatif pilihan kepada petani sewa lahan milik PT Sang Hyang Sri tersebut pada musim panen tahun ini.

Dirut PT Sang Hyang Sri, Karyawan mengatakan pertama apabila petani mau menerima uang muka Rp. 5juta/ha hasil panen petani akan dibayar dalam 1 minggu dengan syarat hasil panen dibawa semua oleh PT. SHS dengan perhitungan, apabila dalam 1 hektar hasil panennya 7 ton, maka 3,2 ton untuk bayar sewa dan bayar pupuk, sisanya 3,8 ton dibayar paling lama satu minggu setelah SPH rampung dikerjakan oleh managemen.

“Bila petani mau menerima uang muka lima juta dan tambahan bawa padi silahkan, kalau petani tak mau, ya silahkan, yang pasti pihak kami mengharapkan petani menerima aturan perusahaan, “ucap Karyawan didepan petani saat audensi.

Ketua LSM Gival Daus Cobra menjelaskan, pihaknya tidak bisa intervensi petani, kalau petani mau menerima aturan perusahaan silahkan, yang tentunya apabila uang lima juta dianggap cukup tuk biaya panen silahkan terima tawaran tersebut.

“Kalau saya ikuti keinginan petani, apabila petani ragu kepada janji PT. SHS, ya silahkan petani bisa jual sendiri padinya, asal kewajiban yang 4 ton dipenuhi untuk setor kepada perusahaan,” ucap Daus Cobra.

Kondisi dilapangan keputusan petani beragam, ada yang mau menerima tawaran perusahaan ada pula yang menolak, yang menerima tawaran dari perusahaan dengan harapan padinya cepat dibayar dalam waktu seminggu, syukur-syukur kurang dari seminggu bisa dibayar, adapun yang menolak tawaran dirut, karena petani sudah muak dan tidak percaya lagi kepada perusahaan yang memang seringkali inkar janji,”tambahnya (Eps)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here