Kali Batong Kumuh dan Dangkal, Warga Harap Segera Dinormalisasi

0
60

BEKASI– Permasalahan sampah dan pencemaran sungai masih menjadi pekerjaan rumah (PR) yang belum serius tertangani oleh Pemkab Bekasi. Kali Cilemahabang yang sampai saat ini belum selesai hanya menjadi pemandangan yang kurang sedap bagi warga masyarakat Kecamatan Cikarang Utara sampai Kecamatan Karang bahagia.

Kali Batong Sukaraya sepanjang kurang lebih 1 KM menjadi pemandangan yang sangat kumuh, dan menjadi tumpukan sampah, aliran kali menyempit akibat pendangkalan ditambah adanya bangunan liar yang mememakan bibir kali sehingga sepanjang kali menjadi pemukiman padat penduduk.

Pantauan dilapangan, kali tersebut sangat kumuh dan sangat tidak terawat dan tinggi lumpurnya hampir sama dengan badan jalan.
Beberapa warga Dusun 1 sangat mengharapkan adanya normalisasi kali batong karena seringnya terjadi banjir.

Warga RT 004/01 ,Rozi mengharapkan adanya normalisasi kali Batong, namun tetap memperhatikan kios kios yang berdagang jika ada pembokaran.

“Saya harap adanya normalisasi sungai supaya tidak ada banjir, ” ucap Rozi,Sabtu (17/10).

Petugas Satpol PP Kecamatan Karangbahagia, Subur mengatakan memang harus ada normalisasi kali batong di karenakan kondisi kumuh akibat banyak bangli dan sering menyebabkan banjir karena tumpukan sampah.

“Terkait bangli tinggal koordinasi dengan desa dan kami siap mendukung normalisasi dan penertibanya ,” imbuhnya.

Kaur Pemdes Sukaraya Tatan mengatakan bahwa memang kali batong sudah sejak lama jadi PR Kami untuk membenahi kali tersebut, dan sudah kami ajukan lewat musrembang sampai provinisi namun lagi lagi tidak muncul dalam anggarannya tahun ini.

“Kami sangat berharap kepada Pemda Kabupaten Bekasi maupun Provinsi Jabar agar bisa merealisasikan pengajuan normalisasi kali Batong,” tandasnya.
(SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here