Kemenag Pastikan Jamaah Unroh Bulan November Sudah Bisa Masuk Mekah

KARAWANG– Sekretais Jendral Kementrian Agama Republik Indonesia, Nizar Ali mwnyakinkan mulai awal November bulan depan dipastikan jemaah umroh asal Indonesia susah bisa melaksanakan umroh di Mekkah Arab Saudi. Namun Pemerintah masih menunggu pengumuman resmi dari Kerajaan Arab Saudi.

“Pemerintah Indonesia masih menunggu pengumuman resmi, tetapi diyakini pertanggal 1 November ,jemaah umroh sudah dibuka bagi Insonesia,” kata Nizar Ali, Sabtu (24/10) di Karawang

Nizar Ali yang resmi dilantik sebagai Sekjwn Kementrian Agama (Kemenag) 20 Oktober kemarin, selama tiga tahun mwngurua haji di Kemenag, sebetul Indonesia sudah bisa masuk ke Saudi Arabia sejak September lalu setelah penutupan umroh selama pandemi Corona.

“Indonesia sebetulnya sudaj bisa masuk ke Arab Saudi, malam ada penerbangan 3 kali dalam seminggu,” katanya

Nizar Ali menyakini jamaan umroh sudah bisa melaksanakan ibadah di Mekkah dalam waktu yang tidak lama.lagi karena pontensi jamaahnya banyak orangnya tertib, mudah teratur dan sudah terkenal, bahkan jadi penyumbang pemasukan devisa bagi Arab Saudi. Sementara Negara yang masih dilarang masuk Arab Saudi yaitu India, Brasil dan Argentina.

“Pertimbangan jamaah umroh Indinesia bisa masuk lagi ke Saudi Arabia karena pemasukan devisa bagi Arab Saudi selain masyarakat Indonesia mudah diatur,” tutupnya.

Keaiapan mitigasi umroh selama pendemi corona, kata Nizar, Kemenag sudah siapkan protokol umroh, salah satunya adalah ini juga sudah disetujui oleh beberapa asosiasi panitia penyelenggara ibadah umroh (PPIU), salah satunya yaitu mengacu pada prosedur protokol kesehatan WHO.

“Sebelum jamaah berangkat dilakukan test swab dan dipastikan jamaah bebas Covid-19,” pungkasnya.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here