Menko PMK Tinjau Lokasi Longsor Sumedang

57 views

SUMEDANG  – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) , Muhadjir Effendy melakukan peninjauan penanganan bencana alam tanah longsor di Kabupaten Sumedang.

Dalam kunjungannya, Menko PMK beserta rombongan diterima langsung oleh Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan dan perwakilan Kementerian Sosial RI Iyan Kusmadiana di titik pengungsian SDN Cipareuag.

Pada kesempatan tersebut, Menko PMK meninjau secara langsung Dapur Umum Lapangan yang dikelola Taruna Siaga Bencana (Tagana) bersama relawan sosial lainnya.

Menurut Menko, pemenuhan kebutuhan dasar makanan untuk pengungsi perlu diutamakan angka kebutuhan gizinya (AKG).

“Saya jadi ingin mencoba masakan teman-teman Tagana disini, ” tambah Menko.

Setelah meninjau lokasi dapur umum lapangan dan titik pengungsi di SDN Cipareuag, Menko melanjutkan peninjauannya ke titik bencana longsor untuk melihat secara langsung proses pencarian korban.

Sebagaimana diketahui, akibat intensitas hujan yang mengguyur Kabupaten Sumedang beberapa waktu lalu telah mengakibatkan Tanah Longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Sabtu (9/1) petang.

Sampai dengan saat ini, sebanyak 21 orang korban meninggal dunia telah ditemukan dan langsung dievakuasi menggunakan ambulans ke Puskesmas Sawah Dadap untuk proses identifikasi korban oleh tim DVI Polda Jabar. Selain itu, 19 orang korban lainnya sedang dalam pencarian. (deni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here