Awas Calo Tenaga Kerja Masih Gentayangan di Karawang, Beredar Isi Chat Pungutan ADM Capai Rp 15 Juta

486 views
Beredar poto chat calo Tenaga Kerja.

Karawang, Onediginews.com – Meski Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Karawang Jawa Barat meluncurkan program Informasi lowongan kerja berbasis website, Infoloker (satu pintu). Namun itu tidak menjamin bisa memutus mata rantai oknum pencaloan atau jasa tenaga calon kerja.

Buktinya, tak lama Bupati dan Wakil Bupati melakukan kunjungan ke Perusahaan PT. Changsin Senin (7/6/2021) untuk memastikan persoalan perekrutan tenaga kerja dan vaksinasi.

Beredar bukti poto hasil sebuah chatingan yang diduga menjadi calo tenaga kerja di perusahaan tersebut. Dalam obrolan chat si calo tenaga kerja menjelaskan bahwa untuk masuk ke PT. Changsin bisa mencapai puluhan bahkan belasan juta rupiah.

Padahal sebelumnya Wabup Karawang Aep mengatakan, PT Changsin bisa berkoordinasi dengan Pemkab soal perekrutan tenaga kerja. PT Changsin tidak perlu khawatir dengan maraknya premanisme tenaga kerja.

“Sepengetahuan saya, masyarakat sudah suka sama PT Changsin. Tapi katanya bayarnya mahal. Nah melalui loker karawang ini calon pencaker tidak dikenakan biaya sekecil apapun,” kata Wabup.

Tak hanya itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Karawang Asep Aang Rahmatullah pada peringatan HUT ke-387 Karawang (14/9/2020). mengatakan, info lowongan kerja ini diluncurkan untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

Info lowongan kerja berbasis online ini hanya menjadi penghubung antara perusahaan yang membutuhkan karyawan, dengan masyarakat yang membutuhkan pekerjaan.

Sebab, proses seleksi administrasi pencari kerja murni dilakukan oleh pihak perusahaan, tanpa keterlibatan Pemkab Karawang.

Meski begutu, dalam proses seleksi tersebut dipantau oleh pihak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang.

“Pemkab Karawang juga tidak memiliki wewenang menentukan para pencari kerja yang mendaftar dalam infoloker.karawangkab.go.id diterima atau tidak di perusahaan,” ujar Aang. (red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here