Saturday, July 13, 2024
HomeBeritaBAZNas Dan PWRI Sumedang Melauching Program Pengajian Terpadu Riang Gembira

BAZNas Dan PWRI Sumedang Melauching Program Pengajian Terpadu Riang Gembira

SUMEDANG | ONEDIGINEWS.COM | Program Z- Smart _‘Spiritual Motivation Fun Intrerated’_ Pengajian Terpadu Riang Gembira diluncurkan. Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli yang meluncurkan program BAZNas Sumedang dengan Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) menyebutkan merupakan suatu program yang sangat bagus.

Majelis taklim bulanan pensiunan yang tergabung dalam PWRI membahas soal keagamaan dengan para penceramah yang disiapkan BAZNas. Selain menjadi wahana silaturahmi antar pensiunan dan bisa memenuhi pencerahan keagamaan dengan menghadirkan para pendakwah.

“Z-Smart ini model pesantren atau pengajian khusus para lansia. Ini sebenarnya lebih kepada kebermamfaatan,” kata Pj Bupati Yudia di Aula BAZnas Kabupaten Sumedang, Kamis (13/6/2024).

Menurutnya, kehadiran BAZNas selain pada peningkatan  kesejahteraan dengan mendistribusikan dana zakat dari muzakki juga meningkatkan spiritual para lansia pensiunan yang tergabung dalam PWRI. “Pengajian ini dilaksanakan supaya para pensiunan lebih semangat dan meningkatkan kebahagiaan,” katanya.

Ia mengatakan, para peserta bersemangat, meningkatkan kebahagiaan, meningkatkan iman taqwanya dan dapat meningkatkan harapan hidup di Sumedang. “Kegiatan yang dilaksanakan ini betul-betul konprehensif dan integral holistik. Saya mengapresiasi ketua BAZnas bersama seluruh stakeholder yang mendukung kegiatan ini,” ujar Yudia.

Yudia juga mengapresiasi kinerja BAZnas Sumedang dalam mengelola dana zakat. “Menurut Undang-undang BAZnas itu diaudit dalam mengelola dana zakat oleh BPK. Jadi sekarang orang yang mengelola dana zakat itu akan bisa terkena pidana kalau pengelolaannya tidak bagus. BAZNas Sumedang termasuk yang berkinerja baik,” kata Yudia.

BAZNas Sumedang diapresiasi karena berbasis digital dalam mempublis data-data penerima zakat yang terukur dan akurat. “Sekarang BAZnas transparan by name by addres mustahiknya visinya BAZnas diseluruh Indonesia ingin menjadikan mustahiq menjadi muzakki”pungkasnya.

Sementara itu, Ketua BAZNas Sumedang Ayi Subhan Hafas menyebutkan, menjelang Iduladha program Z-Smart diluncurkan. “Istilah kerennya pesantren lansia riang gembira. Ini merupakan tindak lanjut dari pesantren kilat lansia. Ada pengajian bulanan dengan kurikulum pesantren,” kata Ayi.

Menurutnya, majelis taklim pensiunan yang tergabung dalam PWRI membahas soal keagamaan dengan para penceramah yang disiapkan BAZNas. “Selain menjadi wahana silaturahmi antar pensiunan dan bisa memenuhi pencerahan keagamaan dengan menghadirkan para pendakwah. “Z-Smart dikemas dalam kegiatan riang gembira,” kata Ayi.

Kegiatan ini bentuk apresiasi kepada para pensiunan karena bagaimana pun juga ketika menjadi ASN pernah berkontribusi kepada BAZNas. “Waktu masih berdinas para pensiunan ini menitipkan zakatnya dari pendapatannya dalam bentuk zakat inpak dan sedekah melalui BAZNas,” kata Ayi.

 

Reporter : Rizky Prasetyo

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments