Beli Mobil Dinas Esklusif Tipe Mazda CX-9, Lalu Berapa Besar Biaya Perawatan Yang di Keluarkan Pemkab ? 

349

Karawang, Onediginews.com – Ramai soal pembelian mobil dinas baru Bupati dan Wakil Bupati Karawang turut disoroti Pengamat Politik dan Pemerintahan, Asep Agustian SH.,MH.

Kepada Onediginews.com, Senin (20/9/2021) dikantornya, Asep mengatakan bahwa hal yang wajar jika kepala daerah memiliki mobil dinas baru. Terlepas pengadaan kedua kendaraan tersebut dibeli ditengah Pandemi Covid-19.

“Hal yang wajar menurut saya dan saya apresiasi. Hal yang wajar jika ganti bupati baru, ya, mobil pasti baru. Meski memang pasti banyak pro dan kontra,” kata Asep.

Apalagi menurutnya, Mobilitas Bupati dan Wakil Bupati memang tinggi, terlebih ditengah Pendemi Covid-19 seperti sekarang ini. Dan memang harus menggunakan mobil baru karena mobil lama sudah tidak layak.

“Sudah lima tahun, wajar jika ganti. Kalau mogok dijalan kan lucu,” ucapnya.

Ditambahkannya, masalah berapa harga pembelian mobil tersebut, hal itu juga relatif. Kalau pun ada soal masalah fee atau tidak lanjutnya, yang penting sesuai dengan anggaran yang dikeluarkan.

Permasalahannya kemudian kata Asep adalah bagaimana pemerintah kabupaten (Pemkab) Karawang melakukan perawatan terhadap mobil tersebut dan berapa besar harus mengeluarkan anggarannya.

“pertanyaannya kemana perawatan mobil ini dilakukan ?, Pasti jauh ke Jakarta karena di Karawang tidak ada bengkel khusus mobil Mazda, ini yang sangat disayangkan, berapa besar anggaran biaya perawatan yang harus dikeluarkan Pemkab tiap tahunnya ?,” tandas Asep.

“Saya sangat menyayangkan kenapa sih, Pemkab tidak membeli mobil yang ada di Karawang saja agar perawatannya lebih dekat, karena perawatan mobil Mazda ini cukup lumayan,” sesalnya.

Kembali Asep menegaskan, bahwa Kepala Daerah dalam tiap periodenya mengganti mobil baru adalah hal yang wajar dan sah-sah saja. Terlepas bupati nanti habis masa jabatannya,  mobil itu tetap menjadi mobil milik pemerintah.

“Kita hanya melihat saja, apakah kinerja mereka (Bupati dan Wakil Bupati, Red) dapat lebih baik atau tidak dengan adanya mobil dinas baru ini,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, ramai diberitakan di sejumlah media, di tengah kesulitan ekonomi warga akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang membeli dua unit kendaraan dinas untuk Bupati dan Wakil Bupati Karawang dengan taksiran harga hingga Rp. 1,8 miliar.

Mobil tersebut bermerek Mazda CX-9 AWD, dengan kapasitas mesin 2.500 cc keluaran tahun 2021.

Dilansir dari website rajamobil.com, untuk satu unit mobil tersebut ditaksir mencapai Rp. 998.800.000. (Nina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here