Berikut Upaya DP3A Kabupaten Karawang Menekan Tingkat Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

241
Kepala DP3A Kabupaten Karawang, Ridwan Salam.

Karawang, Onediginews.com – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Karawang mencatat sebanyak per 1000 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak ditemukan di Kabupaten Karawang sepanjang tahun 2021 ini.

Kasus- kasus tersebut diantaranya berkaitan dengan kasus kekerasan terhadap anak dan kekerasan terhadap perempuan dalam rumah tangga (KDRT).

“Kekerasan terhadap perempuan dan anak naik per 1000 orang setiap tahunnya. Kasusnya ini memang naik, tapi kalau perbandingannya per 1000 orang dengan banyaknya jumlah penduduk, ya, belum tentu naik,” kata Kepala DP3A Kabupaten Karawang, Ridwan Salam kepada awak media, Selasa (30/11/2021).

Dikatakan Ridwan, untuk mencegah kasus ini terus meningkat, pihaknya mengedepankan aspek preventif atau tindakan pencegahan. Dengan membangun jejaring dari tingkat kabupaten sampai tingkat desa yang bisa memberikan pemahaman kepada para perempuan, ibu dan keluarga.

“Termasuk juga kemudian penguatan pusat layanan dengan mengoptimalisasi pembentukan dan kaderisasi Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PT2TP) disetiap Kecamatan – kecamatan,” jelasnya.

“Tim ini juga tidak hanya dari pemerintahan saja ,dari masyarakat yang memang peduli terhadap perempuan dan anak juga bisa bergabung, untuk sama – sama membantu mensosialisasikan, dan memberikan pemahaman ke masyarakat disekitarnya,” ujar Ridwan lagi lebih lanjut.

Ridwan menuturkan, DP3A tidak hanya bekerja sendiri, namun juga bekerja sama dengan stake holder ataupun instansi terkait, seperti Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Kementerian Agama (Kemenag), ibu- ibu pengajian majelis tak’lim dan lainnya untuk melakukan tindakan pencegahan ini.

“Banyak upaya -upaya yang kita buat, termasuk juga pembentukan Forum Anak tingkat Kecamatan yang diharapkan dapat mengurangi tingkat kasus kekerasan terhadap anak,” ulasnya.

“Dan kita akan terus berkomitmen dan berupaya, meningkatkan perlindungan terhadap perempuan dan anak,” pungkasnya.(Nina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here