Monday, July 22, 2024
HomeBeritaBUMITA,  Inovasi Disparbud Karawang, Layani Masyarakat Tentang Destinasi Wisata Melalui Media Digital

BUMITA,  Inovasi Disparbud Karawang, Layani Masyarakat Tentang Destinasi Wisata Melalui Media Digital

KARAWANG | ONEDIGINEWS.COM | Penggunaan media digital dewasa ini tidak hanya difungsikan untuk kepentingan pribadi saja, tetapi juga untuk kepentingan pemerintahan dalam hal pelayanan publik.

Pelayanan melalui media digital diterapkan dalam proses pelayanan sebagai pengganti Customer Service. Atas kurangnya pemahaman dan pengetahuan masyarakat terhadap keberadaan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Karawang beserta ragam ekonomi kreatif.

Budaya, Ekonomi Kreatif dan Pariwisata (Bumita) adalah layanan ChatBot sebuah inovasi untuk mengatasi masalah tersebut, yang digagas oleh Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang, Jaeni.

Metode inovasi dalam hal ini terkait pemanfaatan chat bot Bumita dengan menggunakan media digital sebagai media sosialisasi dan penyampaian ragam jenis kebudayaan, ekonomi kreatif dan destinasi wisata. Penggunaan media digital dapat dilakukan dengan lebih mudah, cepat dan efisien.

“melalui Bumita, masyarakat yang butuh informasi tentang kebudayaan dan pariwusata Karawang tinggal save nomor Whatsapp 081386768282 atau log in melalu Barcode yang tersedia di Kantor Disparbud Karawang atau Hotel-hotel,” jelas Jaeni, Selasa (14/11/2023).

“nanti kita bisa langsung menanyakan mengenai budaya, ekraf dan pariwisata yang ada di Kabupaten Karawang,” imbuhnya lagi.

Dikatakan Jaeni, ChatBot Bumita 90 persen sudah siap, tinggal terus melakukan pengembangan. Salah satunya dengan menggabungkan Google Maps didalamnya. Sehingga bisa melengkapi segala jenis pertanyaan masyarakat, termasuk peta lokasinya.

“Kami berharap Bumita semakin terus dikembangkan kedepannya, lebih lemgkap lagi narasinya dan sampai bisa menggabungkan dengan maps (peta lokasi),” pungkasnya.

 

Reporter : Nina Melani Paradewi

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments