Friday, March 29, 2024
HomeWisataDianggap Berpotensi di Bidang Wisata, Kemenparekrap Minta Pemkab Karawang untuk Berinovasi

Dianggap Berpotensi di Bidang Wisata, Kemenparekrap Minta Pemkab Karawang untuk Berinovasi

Karawang, Onediginews.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekrap) Republik Indonesia menilai bahwa Kabupaten Karawang mempunyai potensi besar dalam Pariwisata, asalkan Pemerintah Daerah (Pemda) bisa berkomitmen untuk mementingkan Wisata.

Rizki Handayani, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan mengatakan, melihat kabupaten karawang itu sangatlah mempunyai potensi, tinggal berinovasi, sebenarnya apa yang akan dikembangkan dan siapa market yang akan diambil.

“Karna jangan sampai begini, kita punya pantai tapi kita berwisata ke jakarta. Saya bilang ngapain orang sini ke pantai jakarta, nah ini yang harus kita lihat lagi, bahwa pusat industrinya di karawang besar sekali,” ucap Rizki Kepada Onediginews.com di Ballroom Hotel Mercure Karawang, Rabu (28/4/21).

Menurutnya, mice itu punya potensi besar di karawang, mice pertemuan ada yang besar dan ada yang kecil. Tapi terus dilakukan, karna ini bisa bermanfaat buat masyarakat, bukan hanya Pendapatan Anggaran Daerah (PAD). Namun, untuk masyarakatnya sendiri.

“Jadi ini bisa digali lagi, karna disini ada situs candi, bisa menjadi wisata sejarah di rengasdengklok. Bisa juga mice pertemuan wisata sejarah, pertemuan arkeologi, pertemuan tentang apa yang bisa di lakukan secara langsung di lokasi,” katanya.

Tak hanya itu, dia juga menjelaskan bahwa peran Pemerintah Daerah, Kepala Daerahnya sendiri, untuk komitmennya dan memposisikan pariwisatanya seperti apa?.

“Pemerintah daerah jangan hanya fokus di industrinya saja, sebenarnya ada yang lebih besar di Kabupaten Karawang. Kalau industri kan sudah ada yah bidangnya, tapi kita harus pentingkan juga gimana nasib UMKM dan segala macemnya untuk bisa tersentuh,”ungkapnya.

Ditambahkan Rizki, Karna hal tersebut yang harus di perhatikan lagi oleh pemerintah daerah dan pemerintah provinsi jawabarat.

“Semisal perencanaan induk wisatanya berada dimana?, barulah disitu pemerintah pusat masuk. Karna gini, kalo semisal pemerintah daerahnya bilang itu tidak penting, mana bisa Pemerintah Pusat bilang bahwa ini penting, karna ini komitmen,” pungkasnya. (iki)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments