Saturday, July 13, 2024
HomeBeritaGelar Aksi di Depan PT. Monokem Surya, Ini Yang Dituntut Forum...

Gelar Aksi di Depan PT. Monokem Surya, Ini Yang Dituntut Forum Karawang Utara Bergerak?

KARAWANG | ONEDIGINEWS.COM | Forum Karawang Utara Bergerak (FKUB) Karawang menggelar aksi damai didepan PT. Monokem Surya, Kamis (9/11/2023).

Aksi puluhan pemuda tersebut menuntut agar PT. Monokem Surya membatalkan rencana pembangunan saluran pembuangan limbah perusahaan ke Sungai Citarum.

Koordinator Aksi yang juga Sekretaris FKUB, Ranas Anam mengatakan, aksi yang digelar FKUB ke PT. Monokem Surya adalah aksi jilid I dan murni gerakan pemuda yang diiniasi oleh para pemuda Karawang Utara dan ditopang oleh para senior (tampak : Ferry Alexa, Angga de Rakha dan Lili Gozali).

“datangnya kami ke PT. Monokem untuk menyampaikan keluhan masyarakat Rengasdengklok, yang sebenarnya kami mewakili masyarakat setempat dimana permasalahannya adalah, ketika ada informasi rencana pembuatan shelter atau pengeboran pembuangan limbah maka kami bereaksi secepat mungkin agar itu tidak terjadi,” kata Ranas penuh semangat, saat ditemui dilokasi.

“ini jelas dampaknya, pertama akan mencemari sungai kami yang merupakan sumber peradaban bagi manusia akan tercemar, sehingga kami mengkhawatirkan saudara-saudara kami yang tinggal dibantaran sepanjang sungai citarum. Karena banyak saudara kami yang masih mandi cuci kakus (MCK) di sana sehingga kami harus melindungi,” ungkapnya lagi.

Ditanya mengapa kemudian, FKUB tidak menempuh jalan damai, beraudiens dengan pihak perusahaan, Ranas mengatakan, bahwa FKUB tidak ingin bertemu dengan perwakilan dari perusahaan, namun bertemu langsung dengan pembuat kebijakan di perusahaan itu sendiri.

“kalau audiensi terkesan kami mau mediasi karena disitu ada ruang negoisasi.
saya hanya ingin langsung pihak perusahaan yang mempunyai kebijakan itu baru akan kami respon, tidak ada perwakilan,” ungkap Ranas.

“jadi bukan kaleng-kaleng kami datang kesitu, karena akan ada jilid ke- 2. Aksi kami lakukan, sampai terealisasi tuntutan kami,” ujarnya.

Disampaikan bahwa PT. Monokem Surya mengklaim sudah mengantongi perijinan untuk pembangunan saluran limbah tersebut, Ranas menandaskan, bahwa hal tersebut adalah versi perusahaan, karena pihaknya memiliki versi sendiri.

” ya, itu versi mereka, kami juga punya versi sendiri, nanti akan kita adukan siapa yang benar-benar lengkap,”pungkasnya.

Sementara itu, dalam suatu kesempatan, pihak PT. Monokem Surya, kepada sejumlah awak media menegaskan bahwa saluran limbah yang akan dibangun pihak perusahaannya sudah mengantongi perijinan lengkap dan berproses.

“Perijinan kami sudah lengkap, mangga dilihat,” ungkapnya seraya menunjukan dokumen-dokumen perijinan yang sudah dimiliki perusahaan dan yang masih diproses.

 

Reporter : Nina Melani Paradewi

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments