Monday, July 22, 2024
HomeBeritaKabid PO Disdik Karawang Terpantau di Kejaksaan, Soal Dugaan Uang "Simsalabim" kah?

Kabid PO Disdik Karawang Terpantau di Kejaksaan, Soal Dugaan Uang “Simsalabim” kah?

KARAWANG | ONEDIGINEWS.COM | Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang menjadi sorotan lantaran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan adanya aliran dana tidak wajar atau “uang simsalabim” di Bidang Pemuda dan Olahraga (PO). Dengan total uang mencapai sekitar kurang lebih Rp. Rp. 586.290.590,00 .

Hal ini berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang tahun anggaran 2022. Dimana, Besaran uang yang mencapai hampir setengah miliar lebih itu, merupakan uang pemotongan dana dari 23 kegiatan yang dilakukan oleh BPP Bidang PO Disdikpora untuk membiayai pengeluaran atau kegiatan yang tidak tersedia
anggarannya dan tidak bisa dipertanggungjawabkan. Seperti, membiayai pengeluaran kantor yang tidak tersedia anggarannya, transport
luar kota untuk menghadiri undangan kegiatan, kontribusi penyelenggaraan kejuaraan olahraga yang diselenggarakan intansi lain, family gathering, outbond, dan makan minum jamuan tamu.

BPK pun kemudian melimpahkan permasalahan tersebut kepada Inspektorat Kabupaten Karawang agar segera Kepala Bidang PO Disdikpora Kabupaten Karawang mempertanggungjawabkan penggunaan uang tersebut, serta mengembalikannya kepada kas daerah. Karena pertanggungjawaban belanja barang dan jasa sebesar Rp. 586.290.590,00 pada
Disdikpora itu, tidak transparan dan akuntabel.

BPK juga memerintahkan, Inspektur Inspektorat Kabupaten Karawang menguji penggunaan realisasi penggunaan uang tersebut.

Dikonfirmasi terpisah, Inspektorat Kabupaten Karawang melalui Inspektur Pembantu, Taupik membenarkan terkait adanya temuan BPK tersebut dan mengungkapkan bahwa saat ini permasalahan dibidang PO ini sedang dalam proses pengujian Inspektorat.

“Sedang proses pengujian. Maksudnya sedang inspektorat tangani,” kata Taupik singkat, Kamis (19/10/2023).

“Maaf, saya belum bisa menyampaikan hasilnya karena masih dalam proses pemeriksaan,” ucapnya lagi ketika ditanya lebih lanjut mengenai bagaimana hasilnya.

Sementara itu, Sementara diketahui Kepala Bidang PO Disdikpora Kabupaten Karawang, Juhdi terpantau ada di Kejaksaan Negeri Karawang.

Ada apakah Juhdiana berada disana?, adakah kaitannya dengan uang ” simsalabim” tersebut?

 

Reporter : Nina Melani Paradewi

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments