Monday, July 22, 2024
HomeBeritaKarawang Heart & Vascular Center RSUD Karawang, Jadi Juara 1 Pekan Riset...

Karawang Heart & Vascular Center RSUD Karawang, Jadi Juara 1 Pekan Riset dan Inovasi Daerah (PERIODA) tahun 2023

KARAWANG | ONEDIGINEWS.COM | Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar acara Pekan Riset dan Inovasi Daerah (PERIODA) tahun 2023.

 

Bekerja sama dengan Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang ,kegiatan yang bertajuk ” Membangun Ekosistem Riset dan Inovasi Sebagai Salah Satu Modal Pembangunan Daerah ” dilaksanakan dengan 4 (empat) rangkaian
kegiatan utama yaitu diantaranya, Kompetisi Riset, Kompetisi Inovasi, Cerdas Cermat Pelajar, serta Seminar dan Expo Riset dan Inovasi. Dengan catatan, pemenang diwajibkan membuat X-Banner yang menyesuaikan konten riset atau inovasi yang telah dipaparkan dan dikemas semenarik mungkin dengan perpaduan 60% dan 40% teks.

Acara yang berlangsung di Aula Rapat Rektorat UBP Karawang ini turut pula dihadiri, Kepala Bappeda Kabupaten Karawang, Didin, Rektor UBP Karawang, Prof. Dr. Dedi Mulyadi SE., MM., dan sejumlah perwakilan peserta dari berbagai kategori.

Sementara itu, dr. Fitra Hergyana, yang hadir mewakili RSUD Kabupaten Karawang sebagai pemenang Kompetisi Inovasi Kategori Perangkat Daerah dalam acara Pekan Riset dan Inovasi Daerah, ditemui usai acara, Rabu (13/9/2023), kepada wartawan menyampaikan rasa bangga dan syukurnya atas pencapaian RSUD Kabupaten Karawang dalam acara Pekan Riset dan Inovasi Daerah (PERIODA) tahun 2023.

“Alhamdulillah …kita RSUD Karawang mendapatkan juara 1 di Perioda Pekan Riset dan Inovasi Daerah. Dengan Inovasi, Karawang Heart & Vascular Center RSUD Kabupaten Karawang,” kata dr. Fitra.

Sekilas ia pun menuturkan bagaimana dirinya berjuang agar Karawang Heart & Vascular Center ini terwujud di RSUD Karawang.

” satu tahun yang lalu pada saat saya masih menjadi Plt Direktur RSUD, kami membuat bagaimana permasalahan angka kematian tertinggi untuk penyakit jantung ini khususnya di Kabupaten Karawang, umumnya di Jawa Barat dapat menurun,”ulasnya.

“Lalu kami jajaran direksi bekerjasama dengan Rumah Sakit Jantung Harapan Kita dan RSCM sebagai Program Penampungan juga dengan Rumah sakit Hasan Sadikin. Jadi program ini adalah hasil kolaborasi Pentahelix antara akademisi, kedokteran rumah sakit, dengan komunitas Yayasan Jantung Indonesia, dan stake holder terkait lainnya, lalu dengan Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi dan Pemkab Karawang,” papar dr. Fitra.

Lebih lanjut, dr. Fitra mengatakan, melalui program Karawang Heart & Vascular Center, RSUD Karawang sudah bisa pemasangan Ring Jantung tanpa harus jauh-jauh ke Rumah Sakit Hasan Sadikin yang antriannya bisa sampai 6 bulan.

“Kita sudah melaksanakan mulai dari hulu sampai dengan hilir, RSUD Karawang sekarang ada Karawang Heart Vascular Center. Dengan dokter -dokter ahli yang memang spesialis jantung. Program ini juga menjadi Pilot Project di Jawa Barat,” harapnya.

“Dan satu- satunya RSUD di Jawa Barat yang mempunyai alat Cath Lab dan MRI hanya RSUD Karawang,” ujar dr. Fitra.

Setelah diperlombakan sejak beberapa waktu lalu, Berikut Pemenang Acara Pekan Riset dan Inovasi Daerah (PERIODA) tahun 2023.

Pemenang Lomba Cerdas Cermat
1. SMAN 1 JATISARI
2. SMK BINA KARYA 2 KARAWANG
3. SMAN 1 TELUK JAMBE BARAT

Pemenang Kompetisi Riset
Kategori Umum

1. Sukarman , Nama Riset : Optimal Tensile-Shear Strength Of Galvanized/Mild Steel (SPCC-SD) Dissimilar Resistance Spot Welding Using Taguchi Do.

2. Teguh Pambudi, Nama Riset : Recoverable Adsorbent of Natural Zeolite/Fe3O4 for Removal of Pb(l) in Water.

3. Asep Dudin Abdul Latip, Nama Riset :
Menumbuhkan Siswa Aktif Dan Kreatif Melalui Model Integrasi Project Based Learning (P’BL) Berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM).

Kategori Pelajar

1. Dika Satria, Nama Riset : Rancang Bangun Smart Vertical Farming Terintegrasi Agrivoltaics sebagai pencegahan dampak El-Nino Pada
Petani Sayuran Karawang.

2. Diandra Restu Anwar, Nama Riset, Formulasi Sediaan Sabun Mandi Cair Dari Esktrak Daun Dan Buah Kawista (Liomonia Acodissima) Sebagai Antibakteri Dan Antifungi.

3. Aura Putri, Nama Riset, Penggunaan Sarang Telur Laba-Laba Untuk Menghentikan Perdarahan Pada Luka Sayatan.

Pemenang Kompetisi Inovasi Kategori Perangkat Daerah

1. RSUD Kabupaten Karawang, Nama Inovasi Karawang Heart & Vascular Center RSUD Kabupaten Karawang

2. Dinas Tenaga Kerja,dan INFOLOKER DISNAKERTRANS Kabupaten Karawang
Transmigrasi Kabupaten Karawang Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman

3. IMAH (Information Management of Housing) Kabupaten Karawang

Kategori UMUM

1. Dr. Marliana Rahma, SST., Nama Inovasi :
GELANG AKUPUNTUR untuk mencegah Stunting

2. Grevalby, Nama Inovasi : TaniTama – Sahabat Petani Indonesia

3. Aldo Winaldo, Nama Inovasi : MYPADI

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments