Monday, July 22, 2024
HomeBeritaKarawang Maju Kerap Berkumandang, Namun Masih Ada Pekerjaan Tak Bertuan, Tanpa APD...

Karawang Maju Kerap Berkumandang, Namun Masih Ada Pekerjaan Tak Bertuan, Tanpa APD dan Plang Proyek

KARAWANG | ONEDIGINEWS.COM | Proyek pengerjaan tanggul atau turap yang tidak jelas asal usulnya di Dusun Ulekan, Desa Sukaharja, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, ramai menjadi bincangan masyarakat sekitar.

Pasalnya, selain beberapa pekerja yang sedang mengerjakan proyek tersebut tidak menggunakan alat pelindung diri (APD). Terpantau dilokasi, pada proyek pekerjaan turap tersebut tidak terpasang Plang Proyek Pekerjaan.

Hal ini tentunya terjadi disinyalir karena lemahnya pengawasan dari pihak dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karawang.

Padahal, alat pelindung diri merupakan salah satu bagian penting untuk mengimplementasikan keselamatan dan kesehatan kerja bagi para pekerja atau buruh sesuai dengan jenis pekerjannya.

Begitupun halnya dengan pemasangan papan nama proyek karena berkaitan dengan prinsip transparansi anggaran pembiayaan yang bersumber dari APBD Kabupaten Karawang. Sebagaimana diatur dalam UU No. 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 12 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase Perkotaan.

Salah seorang pekerja proyek turap, ketika ditanya terkait papan plang proyek pekerjaan yang tidak terlihat terpasang mengaku tidak tahu.

Bahkan ketika ditanya siapa mandor pekerjaan dan pengawas pekerjaan tersebut, pun mengaku tidak tahu dan belum ada dilokasi sejak dimulainya pekerjaan beberapa hari lalu.

“Pekerjaan ini sudah berjalan sejak lima hari lalu dan mandornya pun belum tahu,” ucapnya, sambil terus asik bekerja, dan terlihat tidak menggunakan sepatu bot ataupun pelindung kepala, padahal pecahan batu-batu dilokasi terlihat begitu sangat tajam, Kamis (11/7/2024).

Pertanyaannya kemudian, bagaimana pekerjaan akan berjalan baik sesuai aturannya, jika mandor maupun pengawasnya pun belum pernah kelokasi?, lalu bagaimana dengan pengawasannya? .

Hal ini tentu tidak sejalan dengan launching tagline Karawang Maju yang kerap dikumandangkan Bupati Karawang, Aep Saepuloh.

Karena dalam berbagai kesempatan, tagline Karawang Maju ini menandakan bahwa Kabupaten Karawang bukan lagi Kabupaten yang berkembang, namun Kabupaten yang sudah maju pembangunannya disegala bidang.

Sehingga bupati berharap, dengan tagline Karawang Maju, dinas atau organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkup Pemerintahan Daerah Kabupaten Karawang dapat bekerja lebih baik lagi dan masyarakat Kabupaten Karawang semakin sejahtera.

Sampai berita ini diturunkan, pihak pengawas maupun bidang sumber daya air dinas PUPR Kabupaten Karawang belum dapat dihubungi.

Reporter : Agus/Nina

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments