Friday, March 29, 2024
HomeBeritaKedaireka Karawang 2023, Ciptakan Usaha Kreatif di Kampung Kreatif

Kedaireka Karawang 2023, Ciptakan Usaha Kreatif di Kampung Kreatif

KARAWANG | ONEDIGINEWS.COM |Program Kedaireka merupakan program pemerintah untuk membantu pelaku usaha ekonomi kreatif di daerah, yaitu melalui pengembangan industri kreatif.

Lalu bagimana Program Kedaireka ini berjalan di Kabupaten Karawang, ada dua cara, yaitu menciptakan Usaha Kreatif dan setelah itu, Usaha Kreatif tersebut dikumpulkan di Kampung Kreatif yang kemudian nantinya akan menjadi satu destinasi wisata yaitu yang dinamakan Kampung Kreatif. Dan di Kabupaten Karawang ini, tempatnya akan dipusatkan di Kampung Budaya.

Program Kedaireka yang sudah jalan sejak Oktober 2022 ini, memberikan pembekalan berupa hard skill dan soft skill. Hard skill itu, bagaimana membuat Kriya- nya, lalu soft skill yaitu bagaimana menjalankan bisnis, market dan keuangannya.

Hal tersebut sebagaimana dijelaskan, Anton S Tondo, Dosen Swiss Germany University (SGU), Jumat (27/1/2023), yang ditemui usai kegiatan Kedaireka Karawang 2023 yang bertema ” Produk Lokal Jadi Vokal”, di Lapang Karangpawitan, Karawang, Jawa Barat. Yang turut dihadiri , Kepala Kejaksaan Negeri Karawang dan Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang.

“Tujuannya tidak lain tidak bukan supaya pengangguran di Kabupaten Karawang semakin berkurang,” lanjutnya.

Dijelaskan Anton, saat ini peserta Kedaireka sudah mencapai 78 peserta didik dari beberapa segmen, ada yang lulusan sekolah Sekolah Menengah Atas/Kejuruan atau lulusan perguruan tinggi yang belum mendapatkan pekerjaan. Dengan target produknya sebanyak 17 sub sektor Ekonomi Kreatif (ekraf).

” ada juga teman-teman tuna rungu, terus ada juga wanita warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas),” ungkapnya.

Menurut Anton, melalui program Kedaireka ini, peserta bisa melakukan sharing positif yang tidak hanya bagaimana menjadi seorang wirausaha kreatif tetapi juga bagaimana bisa bekerjasama agar produk-produk usaha lokal mereka bisa berhasil.

“Program Kedaireka ini manfaatnya akan berjalan terus. Ditahun 2023 ini rencananya kita akan menggandeng BUMN, apalagi di Kabupaten Karawang ini juga banyak perusahaan-perusahaan swasta dimana kami berharap mereka (perusahaan) juga mau berpartisipasi. Selama ini kan Kedaireka hanya bekerjasama dengan, SGU, Pemkab Karawang dan Bengkel Kreatif Hello Indonesia (BKHI),” terang Anton.

Ia pun berharap, masyarakat Kabupaten Karawang bisa melihat bahwa peluang Kedaireka ini, dan tidak hanya untuk bekerja di pabrik tetapi juga berwirausaha. Tidak butuh modal besar, tidak, buktikan berwirausaha dengan kreatif.

Reporter : Syifa Syarifatul Fadilah

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments