Friday, March 29, 2024
HomeParlementariaKomisi III DPRD Minta PJT Cepat Tanggap Tangani Pintu Air Pembagi yang...

Komisi III DPRD Minta PJT Cepat Tanggap Tangani Pintu Air Pembagi yang Rusak Parah

Karawang, Onediginews.com – Komisi III DPRD Kabupaten Karawang menyoroti rusak parahnya pintu air pembagi yang dikeluhkan oleh para petani di wilayah Desa Dewisari, Kecamatan Rengasdengklok juga Desa Ciptamarga, dan Medangasem, Kecamatan Jayakerta, yang sampai hari ini belum juga kunjung ada perbaikan.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Karawang, Endang Sodikin meminta PJT II segera berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dan Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karawang.

Pasalnya kata Endang, pintu air pembagi tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat petani diwilayah tersebut.

Ia pun menegaskan, Kewenangan PJT II adalah untuk terus memeriksa selain merekayasa pembagian air. Serta melakukan perbaikan jika ada kerusakan.

“PJT memeriksa pintu -pintu air pembagi dan berkolabirasi dengan BBWS dan PSDA. Apakah ini nanti menjadi kewenangan PJT untuk memperbaiki serta untuk memastikan apakah itu saluran induk tersier atau sekunder,” tegas Endang.

Sebelumnya, Petani di wilayah Desa Dewisari, Kecamatan Rengasdengklok juga Desa Ciptamarga, dan Medangasem, Kecamatan Jayakerta mengeluhkan pintu air pembagi yang rusak parah akibat ambruknya pintu air tersebut. Sehingga air banyak terbuang percuma dan dikhawatirkan sawah petani tidak mendapat air yang dibutuhkan.

Herannya, petugas pengatur air PJT II Rengasdengklok dan Dinas Pertanian Kabupaten Karawang seolah tidak cepat tanggap dengan keluhan petani tersebut.

Dan demi untuk mendapatkan air, petani berswadaya membangun pintu air namun karena perbaikannya tidak maksimal akhirnya kondisinya justru malah bertambah parah. Para petani pun  berharap ada intansi terkait mau peduli memperbaikinya.(Nina)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments