Monday, October 2, 2023
HomeBeritaLomba Cipta Menu B2SA, Program Persembahan Dinas Pertanian di HUT Karawang ke-390

Lomba Cipta Menu B2SA, Program Persembahan Dinas Pertanian di HUT Karawang ke-390

KARAWANG | ONEDIGINEWS.COM | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, Jawa Barat, menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman, sebagai bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Karawang ke -390.

Lomba Cipta Menu Beragam BerGizi Seimbang dan Aman (B2SA) digelar di Aula Gedung Husni Hamid, Selasa (12/9/2023). Dan diinisiasi oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Karawang bekerjasama dengan Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Karawang dengan menghadirkan 30 peserta dari perwakilan masing-masing kecamatan di wilayahnya.

Kepala Bidang Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Yayat Rohayati menuturkan, perlombaan ini bertujuan untuk menekan prevalansi stunting. Dengan tema Makanan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) untuk anak-anak usia emas yaitu umur 12 sampai 15 tahun.Non Beras dan Non Tepung.

“Lomba Cipta Menu B2SA merupakan rangkaian HUT Karawang ke-390 dengan tema B2SA dari umur 12 sampai 15 tahun untuk anak- anak usia emas. Untuk persiapan pernikahan supaya tidak terjadi stunting- stunting berikutnya. Tujuan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah itu sama, menekan angka prevalensi stunting,” kata Yayat.

“Karenanya, Menu yang dilombakan adalah menu makan pagi, siang dan makan malam yang non beras non terigu. Jadi menggunakan bahan pangan lokal. Sesuai nama programnya, Diversifikasi Pangan, jadi kenyang gak harus nasi,” jelasnya lagi.

Yayat menyebutkan, Penilaian Lomba Cipta Menu ini adalah masakan atau makanan yang B2SA dengan jenis masakan yang juga harus beragam disetiap menunya dan bernilai gizi,” ujar Yayat.

“Sebagai bentuk apresiasi lomba atau hadiah, kita memberikan uang pembinaan, untuk juara pertama sebesar Rp. 2,5 juta, juara kedua Rp. 2 juta dan juara ketiga Rp. 1,5 juta. Dengan juri, dari Dinas Kesehatan, Praktisi Gizi dari Bogor, dan Ketua PKK Kabupaten. Selain kegiatan ini, Dinas Pertanian juga menggelar bazzar pangan murah di depan Gallery Budaya yang bertujuan untuk menekan kenaikan harga baham pokok atau sembako,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu peserta lomba dari Kecamatan Cibuaya mengungkapkan apresiasi dan rasa antusiasnya atas adanya Lomba Cipta Menu B2SA yang digelar Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang.

Dikatakan Acem Rosmiati , Ketua Tim Kecamatan Cibuaya, kegiatan ini betul-betul bermanfaat bagi kaum ibu, khususnya di Kecamatan Cibuaya, bahwa banyak ragam makanan bergizi bisa diolah atau dimasak dengan se-kreatif mungkin yang tanpa harus menggunakan beras atau tepung.

“Kami dari Kecamatan Cibuaya, menu yang kami bawa dalam lomba kali ini, ada pizza, sphagetti, puding, makanan lain berbahan singkong, dan menu spesial kami yaitu Tom Yum,” kata Acem.

“Insya Allah, menu makan pagi, siang dan malam yang kami buat ini, diminati oleh anak 13 sampai 15 tahun. Apalagi Tom Yum kami, karena kami diwilayah kami banyak ikan laut dan kentang, sehingga menu kami benar-benar sesuai B2SA. Semoga kami menang,” harapnya.

 

 

Reporter : Nina Melani

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments