Monday, July 22, 2024
HomeBeritaMalam Pembukaan Peringatan Milangkala DPC HPDKI Kabupaten Sumedang Gelar Silat Dan Santunan...

Malam Pembukaan Peringatan Milangkala DPC HPDKI Kabupaten Sumedang Gelar Silat Dan Santunan Anak Yatim

SUMEDANG | OENDIGINEWS.COM | Dalam rangka peringati milangkala DPC Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Kabupaten Sumedang yang ke 4 kepengurusan 2019 – 2024.

Dalam kesempatan ini DPC HPDKI Kabupaten Sumedang menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan diantaranya sebagai pembukaan menampilkan pagelaran seni silat dari beberapa paguron yang ada di Kecamatan Rancakalong. Selain itu juga di laksanakan kegiatan sosial dengan pemberian santunan kepada anak yatim di sekitaran wilayah pamidangan.

Hal tersebut di sampaikan oleh H. Aditya Nugraha, S.Pt. selaku Ketua Umum DPC HPDKI Kabupaten Sumedang. Bertempat di Pasir langit Desa Cibungur Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang. Sabtu malam (28/10/2023).

” Alhamdulah, pada kesempatan tanggal 28-29 Oktober ini kami dari DPC HPDKI Kabupaten Sumedang melaksanakan rangkaian kegiatan dalam rangka peringati milangkala DPC HPDKI Kabupaten Sumedang yang ke 4 kepengurusan 2019 – 2024,” tuturnya.

Menurutnya, bahwa pada kesempatan tersebut pihaknya menyelenggarakan kegiatanya di pamidangan Desa Cibungur Kecamatan Rancakalong.

” Sebelumnya, kami menyelanggarakan milangkala yang pertama di Rancakalong, kemudian milangkala yang kedua di Cibeureum Kecamatan Cimalaka, lalu yang ketiga di Cigendel Kecamatan Pamulihan, dan sekarang milangkala yang ke empat di Desa Cibungur Rancakalong,” terangnya.

Dikatakan Ketua H.Aditya, bahwa di setiap milangkala pihaknya mempunyai beberapa konsep diantaranya memberi kebijakan yang murah bagi para peternak, kemudian juga selalu bersinergi dengan beberapa elemen.

” Disetiap milangkala konsepnya sudah barang tentu murah untuk para peternak karena dalam satu tahun itu hanya satu kali, kemudian juga konsep milangkala ini kami selalu bersinergi beberapa elemen dikarenakan HPDKI tidak bisa berdiri sendiri. Dan kebetulan pada tahun ini kita menampilkan pencak silat di beberapa paguron di Kecamatan Rancakalong, dan sebagai pembukaan malam ini di buka dengan pencak silat,” Ucap H. Aditya.

Menurutnya, di setiap pamidangan sudah menjadi kewajiban pihaknya untuk melakukan kegiatan sosial diantaranya dengan memberikan santunan terhadap anak yatim.

” Disetiap pamidangan, kami selalu melaksanakan bentuk sosial yakni dengan memberi santunan kepada anak yatim yang ada di sekitaran daerah pamidangan dan sudah menjadi kewajiban di setiap milangkala.

” Kemudian juga tadi ada uang penyerahan kepada perguruan-perguruan silat yang ada di Kecamatan Rancakalong, ” ujarnya.

H. Aditya menambahkan bahwa menjadi suatu kebanggan bagi pihaknya, pasalnya disetiap milangkala antusias dari pamilon tiap tahun selalu menjadi rekor sampai seribu lebih.

” Alhamdulilah , diantaranya mungkin antusiasme dari para pamilon juga sangat mendukung milangkala DPC HPDKI Kabupaten Sumedang setiap tahun memang selalu menjadi rekor. Dikarenakan milangkala ini terbatas untuk peternak di sumedang, tahun kemarin juga yang datang sekitar 1.400 ekor Domba dan untuk sekarang juga mungkin tidak terlalu jauh .. kang, hanya saja besok dalam bentuk pertandingan tangkasnya kami batasi di 250 pasang, berarti meskipun yang datang 1000 lebih, tapi yang bertanding hanya 500 ekor,” terangnya.

Lanjut Aditya, dengan adanya milangkala tersebut bukan bertujuan untuk mencari domba-domba unggulan, namun lebih menjalin tali silahturahmi.

” Akan tetapi lebih kepada menjaga tali silahturahmi antar peternak di kabupaten sumedang, juga sebagai bentuk syukur minimal dari para pengurus DPC HPDKI Kabupaten Sumedang,” tandasnya.

Sementara itu, Utep Sunarya selaku Dewan Pembina DPC HPDKI Kabupaten Sumedang menambahkan bahwa dengan adanya kegiatan tersebut selain dapat menajalin tali silahturahmi antar peternak, juga dapat menumbuhkan perekonomian di daerah sekitar.

” Alhamdulilah dalam rangka peringati milangkala DPC HPDKI Kabupaten Sumedang sekarang di laksanakan di pasir langit Desa Cibungur Kecamatan Rancakalong,” Ucapnya.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan milangkala DPC HPDKI Kabupaten Sumedang terhitung sudah kesekian kalinya di laksanakan di Racakalong.

” Kenapa bisa sampai kesekian kalinya event ini dilaksanakan di rancakalong ? Dikarenakan pamilon merasa dari tiap wilayah di sumedang itu aman, tentram dan damai, dan merasa nyaman,” ujar Utep.

Utep berharap, dengan adanya event ini dapat memper erat tali silahturahmi antar peternak selain itu perekonomian di daerah tersebut dapat meningkat.

Reporter : Rizky Prasetyo

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments