Saturday, April 20, 2024
HomeKesehatanPelantikan Ketua & Pengurus DPC ARWT Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026.

Pelantikan Ketua & Pengurus DPC ARWT Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026.

Sumedang, Onediginews.com – Ketua DPD ARWT Indonesia Provinsi Jawa Barat Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, M.Si melantik Ketua beserta jajaran pengurus Asosiasi Rukun Warga dan Rumah Tangga (ARWT) Indonesia Kabupaten Sumedang Periode Tahun 2021-2026, bertempat di Gedung Negara Kabupaten Sumedang. Jum’at, (17/9/2021).

Acara yang dilaksanakan secara terbatas dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang sangat ketat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kegiatan teresebut dihadiri oleh Ketua Umum ARWT Indonesia (Drs. H. Sanusi Mawi, M.Si), Ketua DPD ARWT Jawa Barat (Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, S.IP., M.Si), para Kepala SKPD terkait, Camat dan Kepala Desa, dan para undangan lainnya yang hadir baik secara langsung maupun secara virtual.

Ketua DPC ARWT Indonesia terpilih Dr. Hj. Aris Yulia, S.H, M.Kn., berharap ARWT menjadi wadah untuk menampung seluruh aspirasi ketua RT/RW se-Kabupaten Sumedang.

“ARWT ini merupakan suatu komponen masyarakat yang menjadi bagian mitra pemerintah demi mewujudkan Visi Misi Sumedang Simpati,” ucapnya.

Ia menyampaikan, ada tiga prioritas utama yang bisa kita capai dalam mewujudkan Visi Sumedang Simpati.

“Pertama bagaimana kita dapat mengentaskan kemiskinan, Kedua bisa mengurangi stunting, Ketiga meingkatkan pelayanan publik. Saya juga ingin membantu bagaimana RT/RW se Kabupaten Sumedang bisa mendapatkan hak-hak dan kewajibannya untuk dapat mendapatkan kesejahteraan,” ujarnya

Oleh karena itu ia memohon izin dan memohon doanya agar seluruh pengurus ARWT Kabupaten Sumedang dapat melaksanakan apa yang menjadi tugas dan fungsi dari asosiasi.

“Kami tidak bisa berjalan apabila tidak ada dukungan dari stakeholder terkait yaitu Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang juga dan dari tingkat Provinsi serta Nasional,” ucapnya.

Selain itu Dr. Hj. Aris Yulia, S.H., M.Kn., memaparkan bahwa ARWT sebagai wadah konsolidasi, komunikasi dan inovasi RT dan RW dalam upaya berpartisipasi aktif wujudkan target penyelenggaraan pembangunan kabupaten sumedang. Dengan dasar hukum : Permendagri 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa & Peraturan Bupati Sumedang Nomor 16 tahun 2021 Tentang RT dan RW.

Dr. Hj. Aris Yulia, S.H., M.Kn. menambahkan bahwa ada beberapa prioritas program ARWT Sumedang di periode kepengurusan saat ini, diantaranya modernisasi database, peningkatan kapasitas Ketua RT/RW, program asuransi dan BPJS Kesehatan, peningkatan IPP, platform digital ARWT dalam rangka inovasi untuk mengoptimalkan kinerja RT dan RW.

” Program-program unggulan disiapkan untuk mendorong kinerja RT dan RW supaya dapat berperan aktif dalam penyelenggaraan pembangunan desa dan kelurahan dengan prioritas utama pengentasan kemiskinan, pencegahan stunting, dan optimalisasi pelayanan publik. ” ucapnya.

Ketua Umum sekaligus Pendiri ARWT (Drs. H. Sanusi Mawi, M.Si) menyampaikan optimismenya dengan kepemimpinan Dr. Hj. Aris Yulia, S.H., M.Kn. sebagai Ketua DPC ARWT Sumedang.

“Saya memiliki keyakinan, di tangan generasi muda yang kreatif dan penuh semangat, ARWT akan terus bertumbuh menjadi organisasi yang semakin berdampak di masyarakat. ” ucap, Drs. H. Sanusi Mawi, M.Si.

Selain itu Hal senada dikatakan oleh Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, S.IP., M.Si, selaku Ketua DPD ARWT Jawa Barat, yang menyatakan kesiapannya untuk mendukung dan bersinergi dengan ARWT Sumedang untuk bersama-sama mewujudkan Jawa Barat Juara dan Sumedang Simpati.

“ARWT Sumedang berkomitmen untuk segera berlari cepat, menyusun dan mengeksekusi program bersama seluruh pengurus dan pemangku kepentingan. Tantangan kehidupan bermasyarakat saat ini dan di masa depan semakin kompleks. ARWT siap bergandengan tangan, bersinergi dalam aksi, untuk menjadi bagian dari solusi bangsa. Berkontribusi untuk Indonesia yang tangguh dan terus bertumbuh. ” Pungkasnya.

Bupati Sumedang Dr. H Dony Ahmad Munir, S.T., M.M., dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada jajaran pengurus yang baru saja dilantik seraya mengingatkan atas berbagai rencana aksi ada program kerja yang harus dijalankan.

“Langsung lari cepat, bekerja keras untuk langsung merealisasikan program-program kerja yang telah ditetapkan,” ucapnya.

Bupati berharap ARWT bisa terus bekerjasama dan berkolaborasi dengan Pemda Sumedang dalam mewujudkan cita-cita Sumedang Simpati sebagaimana Visi Misi organisasi.

“Saya mengajak pengurus ARWT untuk menguatkan fungsi ARWT ini sebagai organisasi lembaga ketahanan kemasyarakatan paling bawah yang mempunyai peranan penting untuk ikut menggerakkan masyarakat bersama-sama mewujudkan Sumedang Simpati,” harapnya.

Bupati Sumedang, menyampaikan beberapa poin penting yang harus menjadi perhatian organisasi dimana poin pertama adalah memberdayakan masyarakat baik ekonomi, sosial dan lainnya.

“Untuk itulah, buat program-program yang konkrit, riil dan berdampak kepada masyarakat. Jika RT maju, RW maju, ke atasnya pun akan terus maju,” terangnya.

Adapun poin yang kedua ialah meningkatkan keswadayaan masyarakat dan kegotongroyongan dimana nilai-nilainya sekarang dirasakan sudah mulai pudar.

“Apalagi di kota-kota besar gotong royong sudah mulai pudar. RT/RW harus menjadi pembangkit kembali nilai-nilai keswadayaan dan gotong royong pun terus bisa dijalankan. Buat hal seperti ini yang strategis,” ucapnya.

Selain itu Bupati Sumedang,menambahkan poin ketiga yaitu memandirikan masyarakat di desa.

“Poin yang ketiga adalah bagaimana kita bisa memandirikan masyarakat di desa sehingga tidak bergantung kepada berbagai sumber anggaran,” ujarnya.

Sedankan poin yang keempat yaitu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Bagaimana RT/RW bisa meningkatkan pelayanan di masyarakat dari mulai hajatan, nikahan, bantuan sosial dan lainnya,” ucapnya.

Oleh karena itu, kuncinya adalah Ketua RT/RW harus punya kapasitas, kompetensi, kemampuan dan harus dilatih.

“ARWT bisa memberikan kemanfaatan melalui para Ketua RT/RW yang akan mengeksekusinya caranya ARWT bisa membuat program Diklat kepada RT/RW.” pungkasnya. ***

(erpege)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments