Saturday, July 13, 2024
HomeUncategorizedPj Bupati Sumedang Apresiasi Aplikasi e-Pelita Atasi Perundungan

Pj Bupati Sumedang Apresiasi Aplikasi e-Pelita Atasi Perundungan

SUMEDANG | ONEDIGINEWS.COM | Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli apresiasi Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumedang yang telah meluncurkan elektronik Perlindungan Bullying Terhadap Anak (e-Pelita) dalam mengatasi perundungan atau bullying. Jika ada perundungan bisa dilaporkan dengan menekan tombol darurat (panic button) di aplikasi Tahu Sumedang. Aplikasi e-Pelita ini menjadi langkah awal zero bullying di Sumedang.

“Dengan munculnya aplikasi ini, bisa menjadi solusi untuk mengatasi bullying di satuan pendidikan. Saya harap aplikasi ini dapat menjadi contoh bagi yang lainnya,” ujar Pj Bupati Yudia saat penandatanganan komitmen dukungan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2024 di Gedung Negara, Jumat (31/05/2024).

Saat ini Disdik juga tengah mempersiapkan startegi menghadapi perundungan melalui pembentukan kelembagaan maupun aplikasi elektronik. “Kami mencoba mengakomodir semua aplikasi elektronik bullying terhadap anak, siswa, guru, kepala sekolah di lingkungan pendidikan apabila kurang nyaman di satuan pendidikan melalui e-Pelita yang dapat diakses oleh seluruh warga pendidikan Kabupaten Sumedang,” ujar Kepala Disdik Dian Sukmara.

Dikatakan Dian, aplikasi e-Pelita memungkinkan siswa, guru, kepala sekolah, atau pihak manapun untuk melaporkan ketidaknyamanan yang mereka alami di lingkungan sekolah. Penerapan e-Pelita, diharapka dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang aman, nyaman, dan terbebas dari ancaman kekerasan bagi semua siswa.

Sementara itu, penandatanganan komitmen bersama bertujuan untuk memastikan PPDB di Sumedang terlaksana dengan objektif, transparan, dan akuntabel. “Saya merasa bangga PPDB di Sumedang benar-benar dilakukan secara online sepenuhnya pada jenjang pendidikan dasar, SD dan SMP. Mulai dari pendaftaran yang dilakukan oleh siswa hingga seleksi yang berjalan secara otomatis oleh sistem,” ujarnya

Penerapan sistem PPDB online ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi semua pihak, baik siswa, orang tua, maupun pihak sekolah.

Kepala Disdik Dian Sukmara menyebutkan, tahun ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan PPDB secara online di Kabupaten Sumedang. “Pada tahun pertama dan kedua, kami telah melalui berbagai tantangan dan hambatan dalam proses penerapan sistem ini. namun, dengan kerja keras dan komitmen bersama, kita berhasil mengatasi berbagai kendala yang ada,” tuturnya.

Dijelaskan Dian, dengan Proses pendaftaran yang dilakukan secara online memungkinkan akses yang lebih luas dan merata, sehingga setiap anak di Kabupaten Sumedang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments