Monday, July 22, 2024
HomeBeritaPupuk Kujang Beri Bantuan Air Bersih untuk Masyarakat di Tiga Kecamatan

Pupuk Kujang Beri Bantuan Air Bersih untuk Masyarakat di Tiga Kecamatan

KARAWANG | ONEDIGINEWS.COM |  Cuaca panas dan musim kemarau masih melanda sejumlah daerah di Jawa Barat. Di Kabupaten Karawang misalnya, kekeringan terjadi di sejumlah daerah. Bahkan sumber air masyarakat di sebagian wilayah Karawang Selatan dikabarkan telah hilang. Masyarakat di kecamatan Tegalwaru, Pangkalan, dan Ciampel dilaporkan kerap mengalami kesulitan air bersih, terutama untuk kebutuhan mandi cuci dan kakus (MCK).

Untuk membantu masyarakat, Pupuk Kujang, sebagai anak perusahaan Pupuk Indonesia, bergerak menyalurkan air bersih gratis. Dalam memberikan bantuan air bersih ini, Pupuk Kujang berkolaborasi dengan Baitul Maal Pupuk Kujang (BMPK) dan sejumlah anak perusahaan seperti KIKC dan Kujang Tirta Sarana.
“Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat,” ujar Arief Rachman, VP Komunikasi Perusahaan Pupuk Kujang, Selasa, 10 Oktober 2023.
Arief menuturkan, di tahap pertama ini, Pupuk Kujang menargetkan untuk memberikan 52 ribu liter air bersih di wilayah Karawang Selatan dan Kecamatan Cikampek.
Di Karawang Selatan, sebanyak 3 ribu liter air diberikan untuk 2024 orang di 4 desa yaitu, Cintalanggeng, Kutamanah, Tamanmekar, termasuk Dusun Rawanabo dan Parungsela di Telukjambe. “Sebagian Wilayah Karawang Selatan dikenal sebagai daerah yang menjadi langganan kekeringan setiap kemarau panjang. Jadi bantuan diberikan di daerah tersebut,” ungkap Arief.
“Adapun di Cikampek, air bersih diberikan kepada warga Desa Dawuan Tengah dan Kalihurip. Bantuan air bersih di Cikampek diberikan dua kali setiap pekan,” Arief menambahkan.
Dengan bantuan air bersih ini, ujar Arief diharapkan masyarakat bisa terbantu dan tidak lagi harus mengambil bahkan membeli air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Seperti yang dialami Suhud, 57 tahun, Warga desa Dawuan Tengah ini mengatakan, di musim kemarau kali ini, keluarganya kerap kesulitan air. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, ia sampai mengambil air dari rumah kakaknya di dusun tetangga. “Sumur kami mengering dan popma tak sanggup mengambil air tanah. Setiap hari selalu mengambil air sebanyak 100 liter. Tapi setelah ada bantuan dari Pupuk Kujang, kebutuhan air harian telah terpenuhi” kata Suhud.
Nana, Ketua RT 07, RW 03, Desa Dawuan Tengah, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang menyatakan terima kasih kepada Pupuk Kujang. Berkat bantuan air bersih tersebut, masyarakat bisa terbantu. “Kami haturkan terima kasih kepada Pupuk Kujang atas bantuan ini. Alhamdulillah warga kami sangat terbantu,” ujar Nana usai mengisi tandon air di Musala Al Husna.
Setelah tandon air itu diisi, warga setempat bisa kembali berwudu dan bersuci saat akan menunaikan salat. (hl/KP)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments