Monday, July 22, 2024
HomeBeritaPupuk Kujang Resmikan Taman Ekologi di Purwasari, Ragam Fasilitas Olahraga Hingga Ruang...

Pupuk Kujang Resmikan Taman Ekologi di Purwasari, Ragam Fasilitas Olahraga Hingga Ruang Ramah Anak

KARAWANG | ONEDIGINEWS.COM | Pupuk Kujang Cikampek meresmikan taman ekologis terpadu di Perumahan Pagadungan, Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang. Melalui program Kembangkan Eco Edukasi untuk Pagadungan Berseri (KASTURI), taman ekologis tersebut diharapkan bisa menjadi ruang publik serbaguna yang banyak manfaat untuk masyarakat.

Hadir dalam peresmian tersebut, seluruh perwakilan entitas PT Pupuk Indonesia (Persero). Jajaran direksi dari PIHC group turut menanam pohon untuk lebih menghijaukan taman itu. Selain rimbun oleh aneka jenis tanaman, di taman seluas 1 hektare itu juga terdapat taman hidroponik dan berbagai fasilitas olah raga seperti sepeda statis, area permainan anak hingga lapangan tenis.

Selain beragam infrastruktur tersebut, ujar Kasmadi, taman eco edukasi itu dilengkapi dengan kolam ikan, pembangkit listrik tenaga surya, hingga IPAL dan berbagai tempat kuliner.
Kasmadi, VP K3LH Pupuk Kujang menuturkan, di taman tersebut, dibangun juga berbagai peranti untuk menangani sampah dan limbah rumah tangga menjadi aneka produk bermanfaat. Seperti mesin komposter, “Masyarakat juga diajak dan diberi pelatihan mengolah sampah rumah tangga menggunakan berbagai alat sederhana seperti smart composter dari drum bekas, metode ember tumpuk, lubang biopori, hingga bata terawang,” ujar Kasmadi saat ditemui setelah peresmian, Minggu, 9 Juni 2024.

Berbagai peranti tersebut bisa mengubah sisa makanan menjadi aneka produk seperti pupuk organik, obat luka bakar, obat gatal, pengharum ruangan, hingga classic enzim bahkan hand sanitizer.
Hendro Wibowo, pakar pengelolaan sampah organik menuturkan, taman ekologi terpadu ini sudah memiliki fasilitas dan infrastruktur yang lengkap. Bahkan tidak banyak lingkungan pemukiman yang memiliki fasilitas semacam itu.

“Sejauh ini secara infrastruktur sarana prasarana sudah cukup tinggal bagaimana partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan fasilitas yang sudah ad aini. Saya kira sayang juga kalau fasilitas lengkap yang tidak semua perumahan memilikinya ini kemudian tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal,” kata Hendro saat memberikan pelatihan pengelolaan sampah organik kepada warga.

Dengan berbagai fasilitas pengelolaan sampah di taman ekologi tersebut, ujar Hendro, perumahan Pagadungan berpotensi menjadi pilot project penanganan sampah organik berbasis lingkungan. “Dengan fasilitas yang lengkap ini, diharapkan masyarakat semakin bisa memanfaatkan limbah dan sampah rumah tangga menjadi beragam produk bermanfaat,” ujar Hendro.

Setelah fasilitas lengkap dan berbagai pelatihan dilakukan, diharapkan warga Perumahan Pagadungan tidak lagi mengeluarkan sampah yang tidak bermanfaat dari rumahnya. “Jika sudah bisa seperti itu, dan diikuti banyak warga Karawang, bisa makin mengurangi volume sampah dan beban sampah daerah,” (hl/KP)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments