Friday, April 19, 2024
HomeHukum dan KriminalRaih Penghargaan Layak Anak, Gary : Karawang Justru Banyak Tindakan Kekerasan 

Raih Penghargaan Layak Anak, Gary : Karawang Justru Banyak Tindakan Kekerasan 

Karawang, Onediginews.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang diminta untuk memperhatikan semakin banyaknya kejadian tindakan kekerasan terhadap anak di bawah umur.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Praktisi Hukum, Gary Gagarin sekaligus Kuasa Hukum FA (14) yang merupakan salah satu korban dugaan tindak kekerasan yang saat ini tengah ditangani pihak kepolisian Polres Karawang.

“Dengan pemberitaan yang ada cukup lumayan banyak kasus-kasus tindakan kekerasan terhadap anak di Kabupaten Karawang,” ucapnya saat membuka laporan kasus dugaan tindakan kekerasan di Polres Karawang.

Menurutnya pemerintah daerah harus sigap dan memperhatikan jika kasus tindakan kekerasan terhadap anak mulai bermunculan di Kabupaten Karawang.

“Apalagi Karawang sudah mendapatkan penghargaan kabupaten layak anak. Artinya ini bisa mencoreng Karawang dengan predikat yang diterima,” ungkapnya.

Tak hanya itu, dia juga menjelaskan bahwa dalam kasus ini Polres Karawang memberikan atensi khusus untuk segera menyelasaikan kasus tersebut. Apalagi kasus ini merupakan kasus tindakan kekerasan terhadap anak.

“Dalam undang undang sudah jelas bahwa anak dapat perlindungan dari negara. Apalagi ini kasusnya kekerasan terhadap anak,” ungkapnya.

Dia juga menjelaskan jika memang terbukti bersalah ancaman hukuman bagi terduga pelaku kekerasan terhadap anak dibawah umur sudah diatur dalam undang-undang Nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak dimana dalam pasal 76 poin C menjelaskan setiap orang dilarang melakukan kekerasan terhadap anak.

Kemudian sanksinya tertuang dalam pasal 80 yang menyatakan bahwa pidana yang disebutkan dalam pasal 76 C itu ancaman hukuman pidana 3 tahun 6 bulan atau denda 72 Juta.

“Namun jika mengakibatkan luka berat ancaman hukumannya bisa 5 tahun,” jelasnya.

Sekedar diketahui sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak tingkat Madya tahun 2021 atau naik peringkat dari tahun sebelumnya yang masih tingkat Pratama. (Red)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments