Saturday, April 20, 2024
HomeHukum dan KriminalSaber Pungli dan Disdik Karawang Diminta Atasi Pungli Praktek Jual Beli LKS...

Saber Pungli dan Disdik Karawang Diminta Atasi Pungli Praktek Jual Beli LKS di Sekolah

Karawang, Onediginews.com – Masih banyaknya praktek pungutan Liar (Pugli) yang kerap terjadi di dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Karawang membuat sejumlah remaja yang tergabung dalam Forum Remaja Islam (For Is) Desa Wancimekar mendesak untuk meminta saber pungli turun ke lapangan.

Ketua For Is di Desa Wancimekar Agus Supriyadi mengatakan bahwa dengan banyaknya laporan yang menjadi korban pungutan liar di sejumlah sekolah diminta untuk tidak mengulanginya lagi, Jikapun masih ada yang masih melakukan pungutan tersebut kata dia petugas saber pungli dimintai tugas dan kewajibannya sebagai petugas. Jangan sampai kata dia, adanya saber pungli tersebut hanya sebatas wacana saja tanpa adanya kinerja. “Lagi marak-maraknya pungutan liar di sekolah dengan menjual LKS tapi diam aja,” katanya.

Dia meminta pemerintah karawang mesti tegas lagi dalam memberikan kebijakan dan hukuman yang setimpal bagi para pelaku pungutan liar yang terjadi di setiap sekolah. Jangan sampai kata dia, pemerintah hanya tutup mata dengan banyaknya kejadian tersebut.

“Mungkin nominal yang dipungut tidak banyak tapi jika setiap masyarakat dilakukan pungutan dan menjadi sebuah budaya atau kebiasaan sampai kapanpun tidak akan pernah hilang,” tuturnya.

Agus Supriyadi yang merupakan Aktifis Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Karawang ini juga mengaku prihatin dengan maraknya pungutan liar yang kerap terjadi di setiap sekolah. Bagi dia, butuh hukuman sanksi yang setimpal agar perbuatan tersebut tidak terulang lagi.

“Ini negara hukum, tangkap pelaku yang terbukti bersalah dan jerat dengan hukuman yang berat agar tidak akan ada orang yang berani mengulanginya lagi,” pesannya.

Bagi dia sudah jelas bahwa baik pihak sekolah maupun oknum guru dilarang untuk melakukan praktek jual beli buku LKS. Seharusnya Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang yang merupakan sebagai wadah pendidikan di daerah mampu memberikan tindakan tegas bagi mereka yang memberat beban siswa di sekolah.

“Dinas pendidikan juga harus ikut peran karena mereka yang menaungi semua pendidikan di kabupaten karawang, berikan sikap tegas kepada para pelaku oknum pungutan,” tegasnya. (red)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments