Monday, July 22, 2024
HomeBeritaSeleksi Sangat Kompetitif, Unsika Merilis SNBP dan SNBT Capai 2910 Orang Dengan...

Seleksi Sangat Kompetitif, Unsika Merilis SNBP dan SNBT Capai 2910 Orang Dengan Kelompok UKT Sebagai Berikut?

KARAWANG | ONEDIGINEWS.COM |Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) mengumumkan data terbaru mengenai penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2024 melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Dimana proses seleksi ini menunjukkan minat yang signifikan dari calon mahasiswa untuk bergabung dengan UNSIKA.

Data yang dirilis oleh Humas Unsika 2024 menunjukkan bahwa penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBT UNSIKA untuk tahun 2024 mencakup berbagai golongan biaya kuliah (UKT) dengan rincian sebagai berikut:

Total penerimaan mahasiswa melalui jalur SNBP di UNSIKA mencapai 1. 201 Orang, sedangkan melalui jalur SNBT UNSIKA tahun ini mencapai 1. 709 orang, dengan keseluruhan total sebanyak 2.910 orang calon mahasiswa tersebut akan di kelompokan dengan Kelompok UKT sebagai berikut :

– **Rp. 500.000 – Rp. 4.000.000:** 935 mahasiswa (32%)
– **Rp. 4.000.000 – Rp. 6.000.000:** 1752 mahasiswa (60%)
– **Rp. 6.000.000 – > Rp. 7.000.000:** 223 mahasiswa (8%)

Total penerimaan mahasiswa melalui jalur SNBT mencapai 1709 orang, sedangkan melalui jalur SNBP mencapai 1201 orang, sehingga total calon mahasiswa baru adalah 2910 orang.

Menurut Prof. Dr. Saryono, S.Kp., M.Kes., AIFO, Ketua Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru UNSIKA bahwa proses seleksi tahun ini berlangsung sangat kompetitif dan mencerminkan semangat serta potensi calon mahasiswa yang ingin mengembangkan diri di lingkungan akademik UNSIKA.

“Untuk poses seleksi tahun ini berlangsung sangat kompetitif dan mencerminkan semangat serta potensi calon mahasiswa yang ingin mengembangkan diri di lingkungan akademik UNSIKA.” Ucapnya.

“Proses seleksi mahasiswa baru di UNSIKA tahun 2024 tidak hanya sekadar memilih berdasarkan kriteria akademik, tetapi juga mengeksplorasi potensi serta semangat calon mahasiswa dalam mengembangkan diri di lingkungan akademik yang dinamis. Selain itu, UNSIKA juga memprioritaskan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat lokal.” Terangnya.

“Dengan menetapkan 30% dari jalur mandiri untuk warga Karawang dan sekitarnya melalui jalur SMMPTN Barat, Universitas Singaperbangsa Karawang berkomitmen untuk mendukung potensi lokal dalam mengakses pendidikan tinggi yang berkualitas.” Ungkapnya.

Dijelaskan Prof. Dr. Saryono, S.Kp., M.Kes., AIFO, selaku Ketua Pelaksana Penerimaan bahwa langkah tersebut akan mendorong potensi Sumber Daya Manusia khususnya di wilayah Karawang.

“Langkah ini diharapkan dan semoga dapat mendorong perkembangan potensi Sumber Daya Manusia di wilayah Karawang untuk bisa lebih berdaya saing secara nasional, serta memperkuat ikatan UNSIKA dengan komunitas sekitarnya.” Jelasnya.

Prof. Saryono juga menegaskan, “Kami percaya bahwa pendidikan adalah kunci untuk menciptakan masa depan yang lebih baik. Dengan mendorong partisipasi aktif dari masyarakat Karawang melalui jalur SMMPTN Barat, dan UNSIKA tidak hanya membuka pintu bagi peluang akademik, tetapi juga membangun fondasi yang kuat untuk pertumbuhan dan kemajuan bersama.” Tandasnya.

Sementara itu Rektor UNSIKA Prof. Dr. Ade Maman Suherman, S.H., M.Sc. mengatakan pihaknya akan memprioritaskan mahasiswanya untuk masuk ke UKT golongan rendah, sebagai bentuk komitmen dalam memberikan akses pendidikan yang lebih terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat.

Selain itu, UNSIKA juga memberikan ruang yang cukup luas untuk calon mahasiswa baru yang merupakan masyarakat asli Karawang, sehingga mereka memiliki kesempatan lebih besar, untuk mengenyam pendidikan tinggi di kampus yang dekat dengan lingkungan tempat tinggal mereka.

Hal ini sejalan dengan visi UNSIKA untuk berkontribusi pada pengembangan daerah dan pemberdayaan masyarakat lokal.
Dengan berbagai inisiatif ini, UNSIKA tidak hanya berfokus pada kualitas pendidikan yang tinggi, tetapi juga berperan aktif dalam membangun komunitas yang berdaya dan berkontribusi positif dalam pembangunan bangsa.

Sumber : Humas Unsika 2024

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments