Monday, July 22, 2024
HomeBeritaSIAPEUM, Inovasi Baru Dinkop Karawang Pasarkan Produk UMKM Lokal Melalui E-Commerse

SIAPEUM, Inovasi Baru Dinkop Karawang Pasarkan Produk UMKM Lokal Melalui E-Commerse

KARAWANG | ONEDIGINEWS.COM |Sistem Aplikasi E-Katalog Usaha Mikro (SIAPEUM) adalah inovasi terbaru Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Dinkop UMKM) Kabupaten Karawang yang diharapkan mampu membangkitkan UMKM di Kabupaten Karawang.

Aplikasi e-commers buatan Dinkop UMKM Kabupaten Karawang ini dirancang untuk memasarkan produk UMKM lokal ke pasar nasional hingga ke luar negeri, yang diciptakan oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Mikro (PUEM), Agus Jaelani yang didukung penuh oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang, Rochman.

Kehadiran SIAPEUM ini pun sontak disambut baik para pelaku UMKM Kabupaten Karawang. Terbukti, belum dilaunching, sudah ada ratusan UMKM yang antre mendaftar akun SIAPEUM.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang, Agus Jaelani mengatakan, aplikasi SIAPEUM diciptakan untuk memfasilitasi pelaku UMKM di Kabupaten Karawang untuk memasarkan produknya dengan jangkauan lebih luas lagi.

” Awalnya setiap UMKM ini harus mengisi dulu google form, lalu ada admin kita juga yang dibantu oleh Diskominfo Kabupaten Karawang. Saya diberikan waktu selama 3 bulan harus sudah terkumpul 200 pelaku UMKM, tapi dari tanggal 14 September sampai sekarang dilihat dari data Diskominfo sudah ada lebih dari 230 yang mendaftar, ” kata Agus menuturkan, pada Kamis (9/11/2023).

Diungkapkannya, pelaku UMKM sangat antusias dengan adanya aplikasi SIAPEUM ini sampai kemudian resmi dilaunching pada, Rabu, 8 Oktober 2023, karena para pelaku UMKM merasa terbantu, dimana produk mereka dapat dipasarkan dan dikenal baik secara nasional maupun inyernasional dengan menggunakan E Katalog.

“Yang tadinya hanya diketahui lingkungan Pemda Karawang saja, dari mulut ke mulut, tapi dengan ini bisa menyebar lebih luas sekali, bukan hanya produk makanan saja yang di tawarkan tetapi ada jasa juga seperti servis AC, fashion, ekraf dan lainnya,” ulas Agus penuh antusias.

Menurutnya, untuk pendaftaran sendiri tidak dipinta biaya sepeser pun alias gratis, sementara untuk aplikasi bisa langsung di download di Play Store.

“Jadi ini bentuk upaya pemerintah daerah untuk memajukan UMKM yang ada di Kabupaten Karawang. Dan untuk memaksimalkan eksistensi aplikasi SIAPEUM, kami akan menjalin kerjasama dengan komunitas UMKM dan Koperasi. Agar semua produk mereka bisa dikemas dalam satu wadah yaitu aplikasi SIAPEUM,” ujar Agus.

“Kedepan kami akan mengarahkan semua produk UMKM Karawang khususnya UMKM binaan untuk wajib mendaftarkan produknya di aplikasi SIAPEUM,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang, Rochman menyampaikan, diluncurkannya aplikasi SIAPEUM merupakan penyempurna dari program sebelumnya. Sebab, selama ini Dinkop UMKM Kabupaten Karawang sudah memfasilitasi pelatihan untuk pelaku UMKM dengan memberikan bantuan alat produk dan permodalan, hingga bantuan legalistas produk dan kemasan.

“SIAPEUM menjadi jawaban untuk kelengkapan program, dimana aplikasi ini diharapkan bisa membantu memasarkan produk UMKM Kabupaten Karawang seluas-luasnya. Disana nanti diaplikasi SIAPEUM, menu yang tersedia sudah lengkap dari mulai harga, alamat dan nomor handphonenya,” jelas Rochman.

“Semoga dengan adanya Aplikasi SIAPEUM ini, UMKM Kabupaten Karawang akan maju pesat untuk menuju UMKM Juara, Dimana produknya berkualitas, kuantitasnya meningkat, legalitasnya terpenuhi dan menjadi para pengusaha yang handal,” pungkasnya penuh harap.

 

Reporter : Nina Melani Paradewi

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments