Kematian Pertama di Vietnam Akibat COVID-19

0
387
Vietnam melaporkan kematian pertama akibat Covid-19. (Foto: AFP/MANAN VATSYAYANA)

Vietnam Catat Kematian Pertama akibat Covid-19 

Vietnam melaporkan kematian pertama akibat Covid-19. (Foto: AFP/MANAN VATSYAYANA)
ONEDIGINEWS.COM — Dilansir oleh CNNINDONESIA.COM (Sabtu, 01/08/2020 01:46 WIB)  — Vietnam mengonfirmasi kematian pertama pasienCovid-19 pada Jumat (31/7), seorang pasien berusia 70 tahun.

Kantor berita Vietnam, VNA mengabarkan pasien meninggal pada Jumat pagi setelah mendapat perawatan dari Rumah Sakit Pusat Hue.

Pasien tersebut merupakan penduduk kota Hoi An dan sempat mendapat perawatan di Rumah Sakit Da Nang setelah mengalami gejala terinfeksi virus corona pada 9 Juli. Ia kemudian dinyatakan positif Covid-19 pada 26 Juli lalu.

Vietnam juga mengonfirmasi 37 kasus baru pada Jumat malam, sehingga total infeksi virus corona menjadi 546.

Baca Juga: Gedung Sate Akan Sepi Hingga 14 Agustus?

Kendati sempat melaporkan nihil kasus corona selama tiga bulan, Vietnam kembali mencatatkan kasus baru setelah ada lonjakan di Da Nang.

Pemerintah Vietnam kemudian memutuskan untuk menutup (lockdown) Da Nang selama dua pekan setelah terjadi penularan terhadap 15 orang. Penularan kasus corona di Da Nang dilaporkan terjadi secara lokal.

Menurut data, 15 orang yang positif Covid-19 adalah pasien dan petugas kesehatan di rumah sakit Da Nang.

Pemerintah kemudian menutup sementara seluruh tempat usaha di Da Nang dan menerapkan kebijakan jaga jarak.

Pemerintah Vietnam memutuskan menghentikan layanan transportasi umum dari dan menuju Da Nang. Para wisatawan lokal yang sedang berlibur di kawasan pantai Da Nang juga dipulangkan.

Baca Juga: Kisah Inspiratif: Nenek Penyapu Jalan Kurban Sapi dan Kambing

Kebijakan lockdown itu sangat berdampak terhadap industri pariwisata setempat, yang mencoba bangkit dari pandemi virus corona yang semakin menurun sejak April lalu.

“Hotel kami sekarang sepi. Namun, kami membantu para tamu untuk meninggalkan kota selagi masih ada kesempatan,” kata seorang pegawai hotel di Da Nang. (CNN) — (***Red. Biro KBB)

Sumber:
https://www.cnnindonesia.com/internasional/20200721080547-106-526962/vietnam-catat-kematian-pertama-akibat-covid-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here