Program Patriot Desa Jawa Barat Angkatan 3 & 4 Kembali Dibuka!!!

0
2563
Rekrutmen Program Patriot Desa di Jawa Barat Angkatan 3 & 4 Telah Dimulai.

Kaliankah Pemuda Jawa Barat yang Dicari?

Kabupaten Bandung Barat (28/07/2020) — onediginews.com — Program Patriot Desa Jawa Barat merupakan bagian dari One Village One Company (Red.: Satu Desa Satu Produk) dalam rangka merintis BUMDes berbasis potensi desa, kembali membuka pendaftaran Angkatan 3 dan Angkatan 4 di akhir Juli 2020 ini. Program yang bertujuan untuk mencapai peningkatan kapasitas kelembagaan masyarakat, kehidupan sosial budaya dan pengembangan partisipasi serta keswadayaan masyarakat ini merupakan program yang hadir di Provinsi Jawa Barat dibawah kepemimpinan Gubernur, Ridwan Kamil. Program Patriot Desa merekrut pemuda-pemudi yang akan melalui proses seleksi dan pembekalan untuk menjadi fasilitator lapangan yang bertugas melaksanakan pendampingan dengan skema live-in di desa-desa penempatan yang belum memiliki BUMDes yang aktif.

Sumber: Akun Instagram @patriotdesa_official

Dikutip dari laman resmi Program OVOC, yakni ovoc.jabarprov.go.id, Program One Village One Company (OVOC) yang diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat sendiri merupakan payung program yang bertujuan untuk memandirikan Desa dengan optimalisasi potensi sumber daya, baik manusia dan alamnya, melalui pemanfaatannya oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). OVOC berusaha menggeser pola pikir pembinaan menjadi pendampingan desa dan penguatan sinergi multi-stakeholder desa, agar desa  bergerak menjadi mandiri dan mendayagunakan potensi desa untuk kemandirian desanya. Visi OVOC dalam usaha pencapaiannya, terdiri dari program Patriot Desa, Pendampingan BUMDes, dan Sekolah CEO.

Dari hasil penelusuran informasi yang dimuat pada akun Instagram @patriotdesa_official, pelaksanaan rekrutmen Patriot Desa telah dimulai dengan periode pendaftaran 27 Juli 2020 – 11 Agustus 2020. Berikut ini Tim Redaksi sampaikan kutipan yang bersumber dari caption feed Instagram akun @patriotdesa_official:
[Kalian kah pemuda yang Jawa Barat cari?]
“Yang muda, yang aktif bergerak membangun dan bersinergi”
Patriot Desa merupakan program yang dibentuk untuk melahirkan para pemuda yang mempunyai jiwa elan revolusioner. Pemuda yang jiwanya menyala-nyala untuk bergerak dan mencipta perubahan. Perubahan dimana?
Di desa. Tempat awal lahirnya peradaban.
Selamat berjuang para pemuda terbaik Jawa Barat! Program Patriot Desa memanggilmu untuk terjun dan bertumbuh bersama masyarakat di desa-desa Jawa Barat.
Periode pendaftaran: 27 Juli 2020 – 11 Agustus 2020
Link Pendaftaran:
bit.ly/rekrutmenpatriotdesa
Link Petunjuk Pendaftaran:
bit.ly/petunjukpendaftaranPD
Jadwal Pelatihan:
Patriot Desa Angkatan Tiga:
08 September – 22 Oktober 2020
Patriot Desa Angkatan Empat:
03 November – 17 Desember 2020
Cermati setiap poin persyaratannya dan lengkapi berkasnya ya. Manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.
Jabar menunggu pengabdianmu!

Sumber Foto: https://ovoc.jabarprov.go.id/?route=moreart&artid=8

Program OVOC diluncurkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dalam acara Desa Juara Launching Program One Village One Company (OVOC), di Desa Sukalaksana, Kab. Garut, pada hari Kamis tanggal 20 Desember 2018 lalu. Sebagai bagian dari Program OVOC, Program Patriot Desa juga merupakan sebuah tantangan bagi kaum muda Jawa Barat. “Kita tantang nanti alumni-alumni, milenials perguruan tinggi untuk mau tinggal di desa, membuat bussiness plan dan pengembangan desa,” demikian kata Kang Emil (sapaan akrab kepada Gubernur Jawa Barat) dalam acara launching 2 tahun yang lalu tersebut.

Inilah kesempatan berikutnya yang terbuka bagi para pemuda dan pemudi Jawa Barat untuk menjawab tantangan dari Gubernur. (***Red. Biro KBB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here