Monday, July 15, 2024
HomePemerintahanFasilitas Dibangun Puluhan Miliar, Kampung Budaya Karawang Kini Terlantar dan Memprihatinkan 

Fasilitas Dibangun Puluhan Miliar, Kampung Budaya Karawang Kini Terlantar dan Memprihatinkan 

Karawang, Onediginews.com – Kampung Budaya kebanggaan Kota Karawang yang lokasinya strategis di Jalan Interchange Karawang Barat, Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, kondisinya kini sangat memprihatinkan. Karena tidak terawat dan terlantar.

Terpantau Onediginews.com, Kamis (11/11/2021), Selain tak terurus, Kampung Budaya juga terlihat di tumbuhi semak belukar dan rumput liar seperti bukan layaknya sebuah destinasi wisata kebanggaan pemerintah daerah Kabupaten Karawang. Padahal kabarnya uang yang dikeluarkan untuk pembangunannya tidak sedikit, mencapai hingga puluhan miliar.

Selain itu, Kampung Budaya yang berdekatan dengan Pintu Tol Karawang Barat itu terkesan tidak bertuan alias dibiarkan begitu saja tanpa ada perawatan. Fasilitas, sarana dan prasananya pun sudah banyak yang rusak dan hampir ambruk.

Diketahui, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kabupaten Karawang saat itu, Dadan Sugardan, mengatakan, luas lahan untuk Kampung Budaya mencapai 10 hektare dengan proyek pembangunan menelan anggaran lebih dari Rp. 40 miliar. Pembangunan Kampung Budaya direalisasikan sejak tahun 2010 hingga selesai beberapa tahun kemudian.

Dikatakan Dadan, Kampung Budaya adalah tempat memberdayakan para seniman dengan menggelar pentas seni. Ada juga penginapan yang mengusung rumah adat Sunda. Serta, menyediakan tempat-tempat kuliner.

Fasilitas yang ada di Kampung Budaya ini, yakni, gedung serba guna, restauran, masjid, pusat informasi, saung kecil, gedung teater terbuka, gedung aula, outlet, rumah seni jaipong, rumah seni wayang, rumah seni topeng, toilet pengunjung, balong, gazebo. Kemudian, akan diperluas lagi dengan pembangunan kolam pemancingan ikan, kolam renang, serta wahana outbond. (Nina)

RELATED ARTICLES

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments