Thursday, April 18, 2024
HomeEkonomiTahun 2022, Program BPNT Dibayarkan Tunai Pertigabulan

Tahun 2022, Program BPNT Dibayarkan Tunai Pertigabulan

KARAWANG | ONEDIGINEWS.COM | Sebagaimana surat Kementerian Sosial Republik Indonesia Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin Nomor : 592/6/BS.01/2/2022 tertanggal 18 Februari 2022 perihal Percepatan Penyaluran Bansos  Sembako/BPNT Periode Januari  s.d. Maret Tahun 2022, salah satu regional PT. Pos Indonesia telah mengeluarkan surat edarannya mengenai Petunjuk Penyaluran BPNT Tahun 2022.

Dalam isi surat tersebut bahwa Kementerian Sosial memberikan kepercayaan kepada PT. Pos Indonesia untuk menyalurkan dana Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan diberitahukan sebagai berikut :

  1. Jumlah penerima BPNT yang akan disalurkan secara nasional sebanyak 18,8 Juta KPM.
  2. Bantuan diberikan sebesar Rp. 200.000,- perbulan dibayarkan tiap 3 bulan @ Rp. 600.000 selama 1 tahun.
  3. Pembayaaran mulai dilakukan tanggal 20 Februari 2022.
  4. Pembayaran dilakukan selama 14 Hari
  5. Mekanisme pembayaran dilakukan dengan 4 pola, yaitu Komunitas, Kantor Pos, diantar ke tempat penerima dan, E-warung Himbara.
  6. Proses bayar harap memperhatikan prokes ketat dan tidak boleh  ada kerumunan  dalam jumlah banyak dan lama.
  7. Segera lakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, antara lain Pemda dan keamanan, Dinas Sosial, E-warung dan pendamping BPNT.
  8. Segera buatkan jadwal bayar dan rekrut petugas,sehingga pembayaran selesai dilakukan dalam waktu yang sudah ditetapkan.
  9. Alokasikan petugas Bayar dan Geo Tagg untuk percepatan kegiatan geo tag dan foto rumah KPM.
  10. Proses pembayaran dengan melakukan scan barcode, face recognition, Foto Penerima + KTP, foto rumah KPM serta  Geo Tagg rumah KPM.

Demikian isi surat tersebut dalam proses pemberian program BPNT yang telah tersebar luas.

(Red.)

RELATED ARTICLES

3 COMMENTS

  1. Mohon maaf mau menayakan yang di tahun 2021 bantuan tunai untuk orangtua saya blm cair bantuannya itu bagai mana masih bisa di ambilkah? sedangkan tetangga rumah sudah dapat bantuan bpnt nya? sekarang sudah tahun 2022 apakah di bouble pembgiannya apa bagai mana? kalo misalkan sampai tidak di bagikan itu bagaimana hak untuk orang tua saya dan yang lain uang belum cair blt nya? mohon bantuannya terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments