Tuesday, February 27, 2024
HomeDaerahAntisipasi Penyebaran Kabar Hoaks, Gugus Tugas Covid-19 Rangkul Komunitas Influencer Medsos

Antisipasi Penyebaran Kabar Hoaks, Gugus Tugas Covid-19 Rangkul Komunitas Influencer Medsos

KARAWANG – Onediginews.com – Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Karawang merangkul dan berdiskusi bersama Komunitas Influencer Media Sosial di Makodim 0604 Karawang, Selasa (2/6/2020). Selain diskusi, tujuan dari pertemuan tersebut salah satunya untuk mengantisipasi beredarnya kabar-kabar hoaks terutama tentang Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Karawang, dr. Fitra Hergyana mengatakan, mengingat penggunaan dan pengaruh media sosial di kalangan masyarakat cukup kuat terkait dengan kondisi pandemik. Faktanya bahwa media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube dan lainnya, dibanjiri oleh arus informasi yang sangat deras.

Gugus Tugas dan Dinas Kominfo senantiasa menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait dengan perkembangan penanganan Covid-19 di Kabupaten Karawang.

Namun kami prihatin bahwa faktanya, sampai saat ini, di media sosial masih banyak sekali informasi yang tidak benar, informasi yang seakan menebar “fear”, informasi yang menyesatkan dan mengandung hoaks,” sesal Fitra.

Influencer merupakan orang atau komunitas yang memiliki pengikut cukup banyak, memliki pengaruh pengaruh yang kuat terhadap followers mereka.

“Sehingga kami dari Gugus Tugas berharap agar komunitas ini bisa membantu kami dalam mendistribusikan informasi yang berkualitas terhadap masyarakat, memberikan persuasi untuk mematuhi anjuran pemerintah, dan mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan,” ungkap dia.

Penanganan Covid-19 ini membutuhkan komitmen bersama dari semua pihak, Gugus Tugas, Pemerintah Daerah, Aparat TNI- POLRI, Perangkat Desa, Akademisi, LSM dan Ormas, Kalangan intelektual, Komunitas termasuk komunitas penggiat media sosial dan masyarakat secara umumnya.

Gugus Tugas selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat dalam rangka merumuskan kebijakan yang akan diambil dalam penanganan Covid-19, aparat memiliki diskresi di lapangan dalam hal penegakan peraturan, masyarakat yang harus mendukung usaha ini dengan tetap menjalankan anjuran pemerintah dan menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin. (am)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments