Thursday, April 18, 2024
HomeBeritaDandim Makhdum Habiburrohman Suka Musik, Ciptakan Dua Lagu Tentang Karawang

Dandim Makhdum Habiburrohman Suka Musik, Ciptakan Dua Lagu Tentang Karawang

KARAWANG | ONEDIGINEWS.COM | Dibalik ketegasan dan kegagahan Dandim 0604 Karawang, Letkol Inf Makhdum Habiburrohman ternyata memiliki kecintaan terhadap seni musik yang sangat luar biasa.

Sudah belasan lagu ia ciptakan, salah satunya adalah lagu berjudul ” Pesan Kebangkitan dan Karawang Tandang Makalangan”. Yang sukses dibawakan para finalis lomba menyanyi Kartika Fest 2023.

“Saya suka sekali musik, dan sudah menciptakan 16 lagu ciptaan saya sendiri, dua lagu diantaranya saat saya sudah menjabat sebagai Dandim Karawang.
yang pertama adalah Karawang Tandang Makalangan yang kedua, Pesan Kebangkitan,” kata Dandim kepada onediginews.com, Minggu (19/2/2023), yang ditemui di Warung Lengkong Kodim 0604 Karawang usai Kegiatan Kartika Fest 2023.

Sekilas Dandim mengulas, lagu Karawang Tandang Makalangan diciptakannya terinspirasi karena melihat potensi sejarah yang dimiliki Kabupaten Karawang. Selain Karawang sebagai kota lumbung padi dan kota industri.

“Pada saat menciptakan lagu ini, saya terinspirasi karena melihat Karawang ini memiliki banyak potensi, selain nilai sejarahnya yang tinggi, Karawang adalah Kota Pangkal Perjuangan dan Lumbung Pertanian, Karawang juga Kota Harapan,” ujar Dandim.

Mengapa Karawang Kota Harapan, lanjutnya, karena didalamnya ada banyak perusahaan-perusahaan dengan beberapa kawasan industri sehingga menjadi harapan setiap orang untuk bisa datang ke Karawang dan bekerja di Karawang.

“Pesan moral yang ingin saya sampaikan dalam lagu Karawang Tandang Makalangan ini, ada di bait terakhir , ” Marilah Kita Menjaganya Bersatu Untuk Membangunnya Janganlah Engkau Merusaknya, Karawang Menantang Tandang Makalangan”,” ungkapnya.

“jadi Karawang ini akan semakin maju apabila kita tidak merusaknya, apabila kita bersatu membangunnya. Dan saya sangat yakin, Karawang ini ” Unik ” sekali, jadi jangan coba -coba merusak Karawang, justru kita harus bersatu membangunnya, sesuai dengan tema Karawang Tandang Makalangan,” imbuhnya lagi.

Yang kedua adalah bagaimana ia menciptakan lagu berjudul Pesan Kebangkitan yang sebenarnya itu adalah sebuah puisi yang ia beri aransement sehingga menjadi sebuah lagu.

Pesan yang ingin disampaikan dalam lagu ini, Dandim kembali mengulas, adalah bagaimana anak-anak muda Karawang itu harus bangkit. Dalam lirik disebutkan ” Khusus Anak Muda itu Harus Diarahkan, Khusus Prajurit dan Warga itu Harus Disejahterakan, Para pimpinan dan Teman Harus di Dukung”.

“Yang terakhir, berbicara tentang bangsa itu harus diperjuangkan oleh semua komponen, artinya kita ini bersaudara, saudara itu harus bangkit. Jadi itu pesan yang ingin saya sampaikan bahwa kita ini bersaudara, saudara itu harus bangkit karena dengan bangkit kita bisa maju,” imbuhnya.

Diketahui, Kartika Fest 2023 dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Korps Kaveleri TNI ke 73 dan Hari Pers Nasional, Kodim 0604/ Karawang telah sukses digelar.

Dalam acara Singging Contest (lomba menyanyi) dan Writing ( lomba menulis artikel) selama dua hari tersebut, 18 – 19 Febuari 2023, berhasil mencetak beberapa finalis yang menjuarai kedua lomba yang digelar di Warung Lengkong Kodim 0604 Karawang tersebut.

Reporter : Syifa Syarifatul F

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments