Thursday, June 20, 2024
HomeDaerahKerak Telor Bang Bekz, Murah & Bikin Ketagihan 

Kerak Telor Bang Bekz, Murah & Bikin Ketagihan 

Tambun Selatan – Kabupaten Bekasi -Onediginews.com – Indonesia merupakan salah satu negara dengan keragaman budaya dan kuliner yang mengagumkan. Ada banyak kuliner lezat dan menggugah selera yang siap memanjakan lidah. Menariknya lagi, kuliner di Indonesia memiliki kisah atau sejarah yang unik. Salah satu kuliner Indonesia tepatnya khas Betawi atau Jakarta dengan sejarah unik tersebut adalah kerak telor.

Kerak telor merupakan makanan khas Betawi yang sering juga disebut sebagai omeletenya orang Betawi. Kerak telor biasanya dijajakan oleh pedagang yang ada di pinggir jalan saat ada perayaan di Jakarta baik perayaan memperingati Hari Jadi kota Jakarta maupun Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

Kerak telor merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan dan telur yang kemudian disajikan bersama serundeng juga topping lainnya. Kerak telor umumnya dimasak menggunakan wajan dan dinikmati saat masih hangat agar rasa gurihnya semakin menggugah selera.

Kerak telor dipercaya telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Dulu, kerak telor diciptakan oleh masyarakat Betawi secara tak sengaja. Kerak telor tercipta setelah masyarakat Betawi atau Batavia coba-coba membuat beragam makanan dengan memanfaatkan banyaknya buah kelapa di sana. Dari coba-coba inilah kemudian tercipta kerak telor.

Pada tahun 1970an, masyarakat Betawi mulai memberanikan diri menjajakan kerak telor di pasaran. Tak disangka, banyak orang menyukai makanan ini. Bahkan, dulu kerak telor menjadi makanan favorit masyarakat kelas elit atau atas di Jakarta. Dan seiring dengan berkembangnya waktu, kerak telor menjadi makanan yang disukai semua kalangan masyarakat. Harga kerak telor pun semakin terjangkau untuk semua orang.

Mengenai kerak telor, kini nampaknya kita tak bisa dengan mudah menemukan makanan khas Betawi ini. Namun jangan sedih dulu, kerak telor bisa ditemukan di jalan perum Tridaya sakti tepatnya di depan kantor desa tridaya sakti, namanya “kerak Telor Bang Bekz”.

Penjual yang bernama asli Nasir itu menjelaskan bahwa beliau mulai membuka dagangannya dari jam 14.00 wib hingga jam 00.00 wib.

Nasir atau yang akrab di panggil bang bekz sedikit berbagi cerita dengan kami awak media onediginews.com bahwasanya beliau memulai usaha berjualan kerak telor dari sembilan tahun silam dan beliau pun menjelaskan kepada kami kenapa beliau memilih untuk berjualan kerak telor”kenapa saya memilih usaha berjualan kerak telor disamping mengais rejeki dari berjualan kerak telor, saya pun sangat mencintai budaya betawi dan insya allah saya akan terus melestarikan budaya betawi dengan cara melestarikan makanan khas betawi yang sudah sangat langka”.ucap bang nasir yang akrab di sapa bang bekz.

Masih nasir, saya juga siap menerima pesanan untuk acara pesta,sunatan, dan lain lain”.lanjut nasir.

Buat yang mau pesan kerak telor untuk acara pesta hajatan, sunatan, dan pesta lainnya bisa datang langsung ke alamat ini :

Kp.siluman rt.03 rw.04 ds.mangun jaya, kec.Tambun Selatan, kab.Bekasi atau bisa juga pesan via telepon hp: 089512527612, WhatsApp  089513951521

(heru)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments