Tuesday, July 16, 2024
HomeBeritaKunjungi dan Lihat Transformasi RSUD Karawang, Wamenkes RI Ingin Jadikan Pilot Project...

Kunjungi dan Lihat Transformasi RSUD Karawang, Wamenkes RI Ingin Jadikan Pilot Project di Jawa Barat

KARAWANG | ONEDIGINEWS.COM | Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD PhD bersama Dirjen Pelayanan Kesehatan dan Rujukan Kemenkes RI drg.Yuli Astuti Saripawan, M.Kes., melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Karawang, Senin (4/9/2023).

 

Wakil Bupati Karawang Aep Syaepulloh, Plt Dirut RSUD Karawang, dr. Parlindungan bersama jajaran direksi dan Dewan Pengawas RSUD Karawang, dr. Fitra Hergyana, turut mendampingi dr Dante ketika mengunjungi sejumlah pelayanan kesehatan Rumah Sakit atau Center of Excellent diantaranya, Kanker, Jantung, Stroke dan Uronepro.

Kunjungan dr. Dante dilakukan, dalam rangka supervisi pengembangan layanan di RSUD Kabupaten Karawang yang saat ini tengah mengembangkan Center of Excellent Kanker, Jantung, Stroke dan Uronepro yang kedepannya, akan menjadi percontohan bagi Rumah Sakit Rujukan Provinsi Jawa Barat.

Selain itu pengembangan center excelent lainnya yaitu Kesehatan Ibu dan Anak serta Estetik menjadi unggulan dari RSUD Kabupaten Karawang yang telah dilengkapi peralatan kesehatan yang memadai dan alat penunjang yang canggih.

Dewan Pengawas RSUD Kabupaten Karawang, dr. Fitra Hergyana kepada awak media mengatakan kehadiran dr. Dante bersama jajaran adalah untuk melaksanakan visitasi penilaian bagaimana RSUD Kabupatrn Karawang sebelum dan sesudah revitalisasi. Termasuk juga transformasi RSUD Kabupaten Karawang.

“RSUD Kabupaten Karawang telah melakukan sejumlah transformasi diantaranya, transformasi pelayanan kesehatan, insfratuktur IT dan SDM serta Keuangan, dan juga bagaimana kita saat ini menjadi rumah sakit pilot project di Propinsi Jawa Barat,” ungkapnya.

“jadi kita menjadi motor untuk menularkan ini kepada RSUD lainnya di Jawa Barat, sehingga kita rencananya akan membuat program dengan Kementrian Kesehatan bagaimana bahwa tranformasi ini bukan hanya dari segi medisnya saja, tapi non- medisnya juga, seperti ruang tunggu kebersihan, wangi dan pelayanan lainnya,” jelas dr. Fitra.

Ditempat yang sama, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD PhD., menyampaikan pesan-pesannya kepada RSUD Kabupaten Karawang, agar tidak hanya belajar medis saja tetapi juga belajar bagaimana enterpreneurship pada rumah sakit.

“saya pesankan kepada adik -adik ( Jajaran Managemen RSUD Kabupaten Karawang), untuk melihat proses yang dilakukan dan evaluasi. Juga bukan hanya belajar medis saja tapi belajar bagaimana enterpreneurship pada saat rumah sakit ingin mulai bertranformasi dalam pengembangan fasilitas dan pelayanan untuk modal untuk nanti setelah lulus spesialis maupun non- spesialis,” papar dr. Dante.

“Kami berharap, semoga semua fasilitas yang di bangun bisa menjadi nilai yang baik untuk RSUD Kabupaten Karawang ini,” pungkasnya.

 

Reporter : Nina Melani

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments