Sunday, May 19, 2024
HomeBisnisPupuk Kujang Raih Proper Emas KLHK

Pupuk Kujang Raih Proper Emas KLHK

KARAWANG | ONEDIGINEWS.COM | Pupuk Kujang Cikampek meraih Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) kategori emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Raihan Proper emas ini adalah yang pertamakalinya diraih Pupuk Kujang.

Penghargaan Proper Emas ini diterima Direktur Utama Pupuk Kujang, Maryadi dan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden, Ma’ruf Amin yang didampingi Menteri KLH Siti Nurbaya di Istana Wapres Jakarta Pusat, Kamis (29/12/2022).

Penghargaan tersebut menjadi bukti bahwa perusahaan turut bertanggung jawab kepada lingkungan dan kemanusiaan.

“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi Pupuk Kujang untuk menjalankan praktik bisnis berkelanjutan. Kami terus menerapkan prinsip ekonomi hijau dalam menjalankan usaha. Karena Pupuk Kujang tidak hanya fokus pada pencapaian profit, tapi juga bertanggung jawab pada lingkungan, masyarakat dan menerapkan tata kelola perusahaan yang baik,” kata Maryadi, Kamis (29/12/2022)

Maryadi menuturkan, Pupuk Kujang telah melakukan berbagai upaya dalam menerapkan tata kelola lingkungan dalam menjalankan aktivitas bisnis perusahaan antara lain pengurangan emisi, pengurangan limbah dan efisiensi energi.

Selain itu, Pupuk Kujang terus melakukan berbagai program sosial untuk menyejahterakan masyarakat.

“Proper emas ini adalah sejarah untuk Pupuk Kujang. Kita akan berusaha mempertahankannya tahun depan,” kata Maryadi.

Maryadi menuturkan, kunci meraih proper emas ini adalah kerja keras manajemen dan tim proper dalam membuat program-program berkualitas dan aksi nyata untuk membantu masyarakat dan lingkungan.

“Kita melakukan inovasi-inovasi terbaru untuk membuat program yang bermanfaat bagi petani, masyarakat dan lingkungan hidup,” katanya.

Proper emas merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada perusahaan yang terbukti menerapkan sistem manajemen lingkungan yang baik.

Diantaranya penerapan efisiensi energi, penurunan emisi, efisiensi air dan penurunan beban pencemaran air, pengurangan dan pemanfaatan limbah B3.

Dalam penghargaan proper emas tahun ini, Pupuk Kujang meraih poin paling tinggi di antara perusahaan pupuk di Indonesia.

Berdasarkan catatan KLHK, Skor yang menonjol adalah aspek comunity development atau pembangunan masyarakat.

Pupuk Kujang dinilai berhasil membuat program yang membuat masyarakat menjadi berdaya dan bahkan bisa membantu orang lain.

Contohnya, program Kampung NanasKU. Dalam program itu, Pupuk Kujang melakukan pendampingan kepada kelompok masyarakat petani nanas di Subang.

Melalui pendampingan tersebut, petani nanas berkembang pesat hingga bisa membuat banyak produk turunan nanas. Bahkan bisa membantu korban bencana alam.

Dalam event yang sama, Pupuk Kujang juga meraih juara 3 video Proper terbaik. Dalam video Proper tersebut, Pupuk Kujang mengangkat sudut pandang cerita dari masyarakat yang dikemas secara ringan.

Namun, pesan yang disampaikan mudah diterima oleh masyarakat hanya dengan melihat videonya.

“Dengan melihat video ini, kita merasa diyakinkan bahwa program pengabdia masyarakat yang dijalankan Pupuk Kujang telah memberikan manfaat kepada masyarakat dan program ini mudah untuk direplikasi oleh masyarakat,” ujar Sri Parwati Murwani Budi Susanti selaku Direktur Pengendalian Kerusakan Gambut KLHK.

Penghargaan dari Pemkab Karawang

Selain memperoleh penghargaan proper emas, di hari yang sama, Pupuk Kujang juga meraih penghargaan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepulloh dan diterima oleh Agung Gustiawan,Vice Presiden TJSL Pupuk Kujang.

“Kami berterima kasih kepada Pupuk Kujang yang konsisten membantu masyarakat Karawang. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang banyak membantu UMKM di Kabupaten Karawang. Kami mengapresiasi perusahaan yang konsisten membuat proram yang membantu masyarakat Karawang,” ujar Aep.

Pemkab Karawang menilai, Pupuk Kujang turut berperan dalam pembangunan masyarakat di bidang ekonomi, sosial dan lingkungan.

“Kita terus membuat program untuk masyarakat. Di bidang ekonomi kita dorong umkm, di bidang sosial, Pupuk Kujang fokus membuat program pendidikan sarana air bersih dan pembangunan rutilahu,” ujar Agung. (hl/KP)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments