Saturday, September 21, 2024
HomePeristiwaSejumlah Rumah Warga Jebol Terkena Dampak Tanah Longsor

Sejumlah Rumah Warga Jebol Terkena Dampak Tanah Longsor

SUMEDANG – ONEDIGINEWS.COM – Diduga akibat intensitas curah hujan yang cukup deras disertai durasi yang cukup lama, mengakibatkan tanah longsor di beberapa titik di wilayah Kecamatan Rancakalong yang terjadi kemarin sore. Pada hari, Selasa 19 April 2022.

Dari kejadian tanah longsor tersebut, sejumlah rumah warga terkena imbasnya, seperti halnya yang di alami oleh keluarga Bapak Aip dan Ibu Lia yang sebagian rumahya jebol akibat tertimpa longsoran tanah. yang berlokasi di Dusun. Selaawi RT. 007/RW.001, Desa Sukahayu Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang.

Saat dikonfirmasi, Aip Hidayat selaku Ketua RT 001 juga sebagai warga yang terdampak tanah longsor, mengatakan bahwa terjadi tanah longsor tersebut diperkirakan pada pukil 16:00 WIB.

” Kejadianya pada pukul 4 (empat) sore, akibat hujanya terlalu deras, sehingga tebing yang di atas tidak bisa lagi menahan derasnya air hujan. Sehingga mengakibatkan pintu dapur dan temboknya retak,” ucapnya. (Rabu, 20 April 2022).

Selain menimpa rumahnya, rumah tetangganya pun yang di bawahnya ikut terkena dampak dan bisa dikatakan cukup parah. Rumah tersebut milik Ibu Lia.

” Kalau rumah yang ibu lia 2 itu ruangan, diantaranya tembok atau dinding dapur dan ruang tv nya jebol dan cukup parah “, terangnya.

Menurutnya, untuk kerugian kerusakan yang menimpa dapurnya sekitar Rp. 5.000.000,- (Lima juta rupiah) sedangkan untuk rumah tetangganya (Ibu Lia) diperkirakan mengalami kerugian sekitar Rp.20.000.000,- (Dua puluh juta rupiah).

” Adapun pihak yang berkunjung, diantaranya dari pihak Desa, Kecamatan Polsek dan Koramil beserta unsur lainya yang melakukan kunjungan ke lokasi, ” ujarnya.

Aip berharap, baik itu rumahnya maupun rumah tetangganya dapat normal dan baik lagi, kemudian akses jalan gang di halamanya dapat kembali normal.

Dikatakanya, tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut dan berbagai barang berharga lainya milik pribadi dan warganya yang terkena musibah masih dapat di amankan.

(rpg).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments