Monday, February 26, 2024
HomeDaerahWarga Cari Ikan di Sungai Cilamaya Untuk Konsumsi

Warga Cari Ikan di Sungai Cilamaya Untuk Konsumsi

KARAWANG- Warga sekitar bendungan Barugbug, Desa Situdam,Kecamatan Jatisari, Karawang, terpaksa mencari ikan dalam kubangan sisa air sungai Cilamaya, yang diduga tercemar limbah pabrik untuk dikonsumsi. Warga mengaku dengan mengunakan jaring masih ada ikan-ikan yang berhasil ditangkap.

Wadi (40) mengaku terpaksa menangkap ikan dengan menggunakan jaring dalam kubangan bendungan Barugbug walaupun sudah berubah warna ,untuk dikonsumsi bersama keluarga.

“Terpaksa mencari ikan untuk dikonsumsi bersama keluarga,” kata Wadi, Kamis (13/8).

Dia mengaku setiap musim kemarau dipastikan air sungai Cilamaya akan berubah warna dan bau. Hal ini sudah berlangsung puluhan tahun yang diduga perubahan warna akibat adanya pembuangan limbah cair di hulu sungai yang mengalir ke sungai Cilamaya.

“Kondisi seperti ini sudah menjadi konsumsi masyarakat sekitar sungai,” katanya.

Warga lain, Pandi (45) mengatakan, setiap hari ada saja warga yang menjaring mencari ikan di sungai Cilamaya terutama di kubangan air sungai yang sudah tidak mengalir hanya untuk mencariikan walupun kondisi air hitam pekat dan bau.

“Ada saja warga yang jaring ikan, kebanyakan warga menggoreng hasil tangkapan ,” tandasnya.

Warga nekat mengonsumsi ikan dari sungai yang terduga tercemar limbah karena selama ini rasa ikannya tidak berubah dan tetap renyah.

“Rasa ikan tidak pahit, dan masih gurih,” tutupnya.

Sementara menurut Aktivis lingkungan Oo Surahman mengatakan setiap musim kemarau dipastikan warna air akan berubah dan menyebar bau menyengat dan sudah terjadi sejak puluhan tahun lalu yang diduga akibat adanya pembungan limbah cair di hulu sungai.

“Faktor penyebabnya diduga adanya limbah cair pabrik yang dibuang langsung ke sungai,” pungkasnya.(nan/red)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments