Tuesday, April 30, 2024
HomeBerita10 Persen Warga Karawang Belum Sadar Jamban Sehat, Putih Sari Sosialisasikan Germas...

10 Persen Warga Karawang Belum Sadar Jamban Sehat, Putih Sari Sosialisasikan Germas STBM 5 Pilar

KARAWANG | ONEDIGINEWS.COM | Anggota Komisi IX DPR RI Drg. Putih Sari bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dalam Program Sosialisasi Peningkatan Kesehatan Lingkungan STBM 5 Pilar, untuk warga masyarakat Kabupaten Karawang, Jumat (26/5/2023).

Acara tersebut dihadiri, Anggota Komisi IX DPR RI, Drg. Putih Sari, Kementerian Kesehatan Propinsi Jawa Barat, Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Karawang Ajang Supandi, Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Karawang Nana Nurhusna Hidayat dan Wakil Ketua Bidang Organisasi Keanggotaan Kaderisasi (OKK) DPC Partai Gerindra Karawang Ecan Frendisco.

Kegiatan sosialisasi Germas ini adalah untuk mengkampanyekan upaya bagaimana mencegah dan meningkatkan status kesehatan masyarakat dan keluarga.

“ Hal-hal sederhana yang dilakukan dirumah seperti, bagaimana cuci tangan, memilih dan mengolah makanan, menjaga air bersih dan keluarga, karena memang masih banyak warga masyarakat kita yang belum tersentuh terkait informasi-informasi kesehatan,” jelas Drg. Putih Sari kepada awak media yang ditemui usai kegiatan.

Dikatakannya, tujuan pembangunan kesehatan adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang. Sehingga dapat membawa masyarakat untuk lebih peduli terhadap kesehatan, diantaranya dengan pendekatan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ), yang terdiri dari  5 pilar kegiatan yaitu : 1. Stop buang air besar sembarangan (Stop BABS) 2. Mencuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan air mengalir 3. Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga (PAM-RT) 4. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga 5. Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga Air.

“sanitasi merupakan kebutuhan utama masyarakat yang sangat penting guna  terpenuhinya kualitas air minum dan sanitasi yang layak. Dan masih 10 persen masyarakat Kabupaten Karawang yang belum sadar akan kesehatan lingkungan terutama masyarakat yang belum buang air besar pada tempatnya atau sadar jamban sehat,” ujar Drg. Putih Sari.

Oleh karenanya, Ada beberapa program yang ia bawa bagi masyarakat Kabupaten Karawang khususnya, agar masyarakat sadar akan pentingnya sanitasi yang sehat.

“seperti program padat karya berupa pembangunan sanitasi yang saya bawa ke beberapa desa di Kabupaten Karawang dengan menggunakan teknologi tepat guna. Belum banyak memang, hanya baru 4 atau 5 titik, ya, mudah-mudahan tahun depan saya bisa lebih mendorong agar bisa meningkatkan lagi sanitasinya,” pungkasnya.

Reporter : Nina Melani P

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments