Thursday, April 18, 2024
HomeBeritaAbaikan Peringatan Keras KPU RI !!, Kemanakah Puluhan Juta Kelebihan Uang Transport...

Abaikan Peringatan Keras KPU RI !!, Kemanakah Puluhan Juta Kelebihan Uang Transport KPPS di Kecamatan Tirtajaya??

KARAWANG | ONEDIGINEWS.COM | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) meminta KPU se-Indonesia untuk tidak memotong hak petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang bertugas pada Pemilu 2024.

KPU memperingatkan keras jajaran jangan pernah melakukan pemotongan hak-hak dari petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara, seperti uang transportasi dan lainnya. Bahkan KPU sudah menyalurkan seluruh uang transport KPPS untuk mengikuti Bimtek dan dibayar pull oleh KPU sesuai dengan data KPPS di masing-masing KPU Kabupaten/ Kota.

Ironisnya, meski sudah diberi himbauan dan peringatan oleh KPU RI, ada saja oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang diduga berusaha memanfaatkan uang transport Bimtek KPPS demi keuntungan pribadi atau golongannya.

Diduga, oknum-oknum tersebut menyebarkan undangan kepada KPPS melalui pesan Whatsapp (bukan undangan resmi dari KPU), agar menghadirkan 3 sampai 4 orang saja untuk mengikuti pelaksanaan Bimtek.

Modus seperti ini, disinyalir terjadi hampir disejumlah Kecamatan di Kabupaten Karawang, salah satunya diduga terjadi juga di Kecamatan Tirtajaya.

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tirtajaya ramai diinformasikan, mengundang hanya 3 sampai 4 orang KPPS saja pada saat kegiatan Bimtek lalu. Yang jelas – jelas melanggar aturan KPU RI.

Diketahui, di Kecamatan Tirtajaya ada sekitar 207 TPS dengan jumlah total KPPS sekitar 1449 orang.

Sementara berdasarkan informasi, KPU Karawang sudah membayarkan uang transport Bimtek untuk sebanyak 1395 orang atau Rp. 139.500.000.

Maka jika sisa anggota KPPS yang tidak hadir ( 1449 orang -1395 orang = 54 orang) dikalikan uang transport sebesar Rp. 100.000 per-orang bisa diperkirakan kelebihan uang transport Bimtek KPPS di Kecamatan Tirtajaya bisa mencapai kurang lebih Rp. 54 jutaan.

Pertanyaannya kemudian, dikemanakankah sisa lebih pembayaran uang transport tersebut???.

Untuk mengetahui kejelasan hal tersebut, Onediginews.com mencoba mengkonfirmasi Ketua PPK Kecamatan Tirtajaya , melalui pesan Whatsappnya, namun yang bersangkutan langsung terdiam.

 

Reporter : Nina Melani Paradewi

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments