Saturday, June 15, 2024
HomeBeritaBantu PMI, KIIC Menggelar Donor Darah Bertajuk " Give Blood Save Life"

Bantu PMI, KIIC Menggelar Donor Darah Bertajuk ” Give Blood Save Life”

KARAWANG | ONEDIGINEWS.COM | Karawang International Industrial City (KIIC) kembali menggelar kegiatan Donor Darah bertajuk “ Give Blood Save Life”, Kamis (21/9/2023), bertempat di Multipurpose Room Lantai 3 Graha KIIC, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Kegiatan ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Karawang dan diikuti oleh para peserta donor darah dari tenant-tenant perusahaan dan karyawan perusahaan-perusahaan KIIC.

Wahyu Mulyandaru, Goverment Publik Relation KIIC.

“kegiatan donor darah ini bertema ” Give Blood Save Life” dan merupakan kegiatan rutin setiap 3 bulan sekali yang sudah berlangsung dari tahun 1999 lalu,” kata Wahyu Mulyandaru, Goverment Publik Relation KIIC, yang ditemui onediginews.com disela-sela kegiatan.

“Kami (KIIC) bekerja sama dengan PMI Kabupaten Karawang mengundang perusahaan- perusahan untuk menyediakan fasilitas donor darah, termasuk kepada tenant-tenant perusahaan. Alhamdulillah, mereka sangat antusias sehingga banyak yang hadir mendonorkan darahnya,” ujarnya lagi.

Kegiatan Donor Darah ini terang Wahyu, merupakan wujud nyata KIIC dalam membantu meningkatkan stok darah PMI sehingga dapat memberikan manfaat lebih bagi masyarakat yang membutuhkan. Dan donor darah masuk kedalam salah satu program CSR KIIC, yakni Kepedulian Masyarakat.

“Ada 5 program CSR KIIC dan salah satunya adalah donor darah. Adapun 5 Program tersebut yaitu, ini program kepedulian pendidikan masyarakat dengan memberikan sejumlah beasiswa dan membangun sekolah, kepedulian kesehatan masyarakat, program kepedulian sosial budaya masyarakat dengan menyumbang sejumlah hewan Qur’ban di Hari Raya Idul Adha, kepedulian ekonomi masyarakat dengan memberikan bantuan budidaya lele, dan kepedulian kelestarian lingkungan melalui Talaga Desa Telaga Desa Agro-enviro Education Park,” ulasnya merinci.

Selain program Donor Darah, program yang juga rutin dilakukan KIIC adalah, lanjut Wahyu, memberikan makanan tambahan bagi balita di tujuh (7) desa dilingkungan sekitar wilayah KIIC.

“Ada kurang lebih 1800an balita disetiap bulannya yang kita berikan makanan tambahan, termasuk makanan tambahan pemulihan untuk bayi yang kurang gizi sebanyak 30an balita. Dan program-program pemerintah lainnya yang kita ikuti baik bekerjasama dengan Kodim 0604 Karawang maupun Baznas Karawang,” jelasnya.

Wahyu pun berharap, program-program CSR KIIC ini dapat bermanfaat membantu masyarakat. Dan melalui kegiatan donor darah juga dapat memenuhi kebutuhan darah masyarakat Kabupaten Karawang.

“harapannya melalui program-program CSR kita dapat membantu masyarakat bukan hanya sekitar KIIC saja tetapi juga di seluruh Kabupaten Karawang. Terutama bagi masyarakat Karawang yang sedang membutuhkan darah, ya, setidaknya stok darah PMI itu selalu siap ketika dibutuhkan,” ungkap Wahyu.

“harapan yang lain tentunya dengan donor darah ini dapat menumbuhkan rasa solidaritas antar karyawan baik di KIIC atau yang lainnya, selain tentunya donor darah itu menyehatkan,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Humas PMI Kabupaten Karawang, Ade Irwan Darmawan menuturkan, kegiatan donor darah digelar untuk memenuhi kebutuhan darah PMI. Yang nantinya untuk disalurkan ke Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Karawang dan rumah sakit lainnya yang membutuhkan. Donor darah ini adalah, salah satu bentuk CSR dari KIIC.

Ia pun berharap masyarakat lebih antusias lagi dalam mengikuti setiap kegiatan donor darah, agar pasien atau keluarga yang membutuhkan darah dapat terpenuhi.

” target kita 150 kantong darah namun yang lulus screening hanya 130 kantong , semoga kegiatan-kegiatan seperti ini dapat juga dilaksanakan di masyarakat umum ataupun di instansi yang lain, karena untuk memenuhi stok darah di PMI Kabupaten Karawang,” harapnya.

 

Reporter : Annisa Noviyanti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments