Friday, March 1, 2024
HomeDaerahHeboh : Penemuan Arca Nisan Di Pandeglang Berusia 4000 Tahun, Dapat Menjadi...

Heboh : Penemuan Arca Nisan Di Pandeglang Berusia 4000 Tahun, Dapat Menjadi Potensi Wisata Peradaban

PANDEGLANG – Onediginews.com – Arca nisan yang di duga berusia 4000 tahun di temukan di Kab Pandeglang tepatnya kec Mandalawangi. Saat ini kondisi arca tersebut dalam pengawasan masyarakat setempat sehingga untuk melihatnya di pagar dengan besi di lokasi pemakaman umum dimana arca tersebut di temukan .

Dalam kunjungannya ke Saung Wisata Cihunjuran team liputan menemui Kang Jagat yang mana beliau adalah penemu arca nisan tersebut dalam pernyataannya bahwa arca nisan ditemukan di tengah pemakaman umum penduduk dalam kedalaman kurang lebih 3 meter kemudian di gali dan sempat di bawa oleh BPCB Banten untuk di teliti namun penduduk setempat meninta di kembalikan lagi,”ujarnya. Arca nisan yang di temukan Kang Jajat di perkirakan sebagai nisan para raja pada masa itu karena bentuk nisan mirip dengan nisan dari suku maya di Amerika tengah.

Kekayaan hasil peradaban masa lalu banyak terpendam di tanah Banten namun belum ada upaya pemanfaatan untuk sektor pariwisata secara maximal dan perlu kerja keras lagi. Pandeglang adalah salah satu wilayah yang banyak menyimpan hasil hasil peradaban masa lalu dan potensi tersebut sebenarnya dapat menjadi daya tarik untuk pengembangan destinasi peradaban bagi pariwisata Banten. (Alek).

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments