Monday, July 15, 2024
HomeDaerahKeindahan Permainan Golok Padepokan Pencak Silat Suliwa Karawang

Keindahan Permainan Golok Padepokan Pencak Silat Suliwa Karawang

KARAWANG – Onediginews.com – Pencak silat atau seni bela diri indonesia ini, sangat beragam dan berwarna, dari berbagai aliran di setiap kota-kota di penjuru Indonesia yang mempunyai karakter sejarah yang melegenda, nah salah satu nya yaitu Padepokan Pencak Silat Suliwa, berada di kota Pangkal Perjuangan Kabupaten Karawang.

Pencak silat yang satu ini di kenal dengan keindahan gerak dan  keindahan permainan golok nya, beralamat di dsn. Cilengka rt/rw 08/03 ds. Sukaraja, kec. Rawamerta kabupaten karawang, (25/06/2020).

H Karta Wiratma gubes (guru besar ) menceritakan kepada Tim Onediginews, “singkat cerita saya murid tunggal dari Abah Kasta bin Budjang, di amanati sebelum anak saya belajar sma saya tidak boleh keluar ucapan dan perilaku artinya tidak boleh ada yg tau saya bisa bela diri pencak silat suliwa ini, awal nya anak saya Jeje dan Jaja pengen belajar silat untuk kegiatan seni budaya di sekolah karna lokasi nya jauh saya larang, namun putra saya malah bilang kalau belajar jauh ga boleh, abah yang ajarin atuh,  nah dari situ saya mulai mengajar (08/12/2017) karna anak sya minta, walapun belajar silat nya sembunyi-sembunyi di dapur rumah, namun nama nya latihan silat lama-lama ketauan juga,  dari anak saya smpe luar desa dan dari pelosok-pelosok karawang sekarang belajar di suliwa, dan sampai saat ini sudah angkatan ke lima , namun saya selalu menanam kan bahwa pencak silat ini digunakan dengan hal baik-baik positif jangan di gunakn ke hal-hal negatif yang bertentangan dengn aturan agama dan negara, ucap nya

Harapan saya kalaupun suliwa tersebar, tersebar lah dengan yang baik-baik dan hrus iklas menanam dan meyebarkan aliaran silat ini dan saya harap menjadi motivasi untuk anak-anak lain untuk mencintai pencak silat warisan leluhur ini, ucap nya lagi.

(cucu)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments