Tuesday, April 16, 2024
HomeBisnisKaryawan Toyota Indonesia Positif COVID-19

Karyawan Toyota Indonesia Positif COVID-19

KARAWANG – Onediginews.com – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menginformasikan karyawan non-produksi di pabrik Karawang, Jawa Barat, positif virus corona atau COVID-19.

Direktur Administrasi dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam mengkonfirmasi, hasil tersebut diketahui setelah menjalani tes PCR (Polymerase Chain Reaction), atau swab test virus corona pada 12 Mei lalu.

“Iya positif, jadi mereka itu sudah menjalani WFH 2 minggu kemudian kami ada kegiatan produksi dan mereka hadir. Saat hadir kami ada rapid test, hasilnya ada yang reaktif. 4.500 orang kita rapid semua,” jelas Bob saat dihubungi, Kamis (14/5).

Kini, kata Bob, satu karyawan tersebut langsung menjalani isolasi di rumah sakit.

“Dia seperti orang tanpa gejala dan keluhan ya. Tapi sekarang kondisinya baik dan bagus. Intinya ke depan kita harus membangun sistem dan protokol kesehatan yang kuat,” jelasnya.

Sebelumnya pada 9 Mei 2020, karyawan (non-produksi) TMMIN di Pabrik Sunter berusia 30 tahun, sudah lebih dahulu terkonfirmasi positif COVID-19, setelah menjalani tes PCR. Sehingga totalnya menjadi 2 karyawan yang terkena virus corona.

Bob melanjutkan, transparan menyoal kasus positif pekerjanya bukanlah sebuah aib. Justru lewat cara ini bisa membantu pemerintah dan memutus mata rantai penyebaran.

“Kesempatan bagi Toyota untuk exercise sistem (kesehatan) yang kuat. The best solution adalah being transparan,” timpal Bob.

Sementara itu, TMMIN juga terus berkomunikasi dengan pekerja dan pihak rumah sakit untuk memonitor perkembangan kesehatan pekerjanya itu.

“Kita tanyakan setiap hari progresnya seperti apa, informasi dari rumah sakit ke kita, dan kita teruskan ke direksi. Kita kasih endorsement dukungan dari Presiden Direktur sampai direksi Asia Pasifik juga kasih surat,” tuturnya.

Lebih lanjut, Bob juga menjamin kegiatan produksi di kedua pabrik Karawang dan Sunter tak mengalami kendala. Meski memang beberapa protokol kesehatan harus dilakukan

“Tetap kita deep cleaning, bersih-bersih kita lakukan. Semua kegiatan produksi aman, kita harus mulai membiasakan diri tapi tidak boleh acuh juga. Makanya protokol kesehatan harus benar-benar dibangun,” tegas dia.

Sumber : @kumparan

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments