Monday, July 22, 2024
HomeBeritaKolaborasi Ekraf dan Dekranasda, Pertama Kalinya di Karawang, Kurasi Kriya Digelar

Kolaborasi Ekraf dan Dekranasda, Pertama Kalinya di Karawang, Kurasi Kriya Digelar

KARAWANG | ONEDIGINEWS.COM | Komite Ekraf Subsektor Karawang menggelar kegiatan Kurasi Kriya yang berkolaborasi dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Deskranada) Kabupaten Karawang, Rabu (6/12/2023), di Ballroom Hotel Swissbell-in, Karawang, Jawa Barat.

Kegiatan yang melibatkan 40 peserta pengrajin ini, diharapkan mampu membawa kemajuan perkembangan Kriya di Kabupaten Karawang, menghasilkan produk-produk yang berkualitas, bervariasi dan mampu untuk dipasarkan secara nasional.

“Kegiatan Kurasi Kriya ini, inisiatif dari Komite Ekraf dengan diikuti oleh kurang lebih 40 pengrajin, dengan narasumber dan penilainya (kurator) didatangkan dari Bali,” kata Hezti Restriana, Ketua Pelaksana Kegiatan yang juga merupakan Pengurus Dekranasda Kabupaten Karawang.

Disampaikannya, 10 hasil Kriya terbaik, akan dibawa oleh kurator untuk dicoba di pasarkan di souvernir store yang ada di bali.

” semoga melalui Kegiatan Ekonomi Kreatif, pengrajin Karawang dapat lebih terangkat. Dan membantu agar pemasaran produk hasil kerajinan mereka, tidak lagi kesulitan. Kita akan mendorong bukan hanya ke Bali tapi juga ke Jogya,” ulasnya.

Ditempat yang sama, Rahmat Wiguna, Direktur Ekonomi Kreatif (Ekraf) Karawang, mengungkapkan, Kurasi Kriya merupakan kegiatan pertama kalinya di Kabupaten Karawang yang merupakan hasil kolaborasi antara Dekranasda dengan Ekraf Kabupaten Karawang. Yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk, menciptakan diversifikasi produk, serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang tren atau perkembangan pasar bagi para pengrajin, agar dapat memenuhi kebutuhan dan selera konsumen yang lebih luas.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin para pengrajin di Kurasi Kriya ini untuk bisa memasarkan hasil produk-produk kerajinannya ke tingkat yang lebih luas lagi, sekaligus untuk memperkenalkan bahwa di Karawang ini mempunyai produk-produk kerajinan yang mampu bersaing dan lebih luas lagi pemasaran dan penjualannya melalui sistem Cross Market,” ungkap Wiguna.

“Kurasi Kriya ini baru pertama kali di adakan di Karawang. Dan tim penilai nya pun langsung di datangkan dari Bali, karena produk-produk kerajinan yang ada di Kurasi Kriya Ekraf Karawang ini sudah ada yang dipasarkan di Bali.” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karawang, Yayat Hidayatuallah, mengapresiasi kegiatan Kurasi Kriya yang digelar pertama kalinya di Kabupaten Karawang ini. Ia menandaskan, Pemerintah Kabupaten Karawang akan membantu dan mendorong sekali agar para pengrajin ekraf dapat memasarkan secara luas produk-produknya.

“kita ada program -program seperti undangan- undangan pameran, di tahun 2024 besok sudah banyak sekali pameran yang akan kita ikuti. Kita akan optimalkan promosi Kerajinan Ekraf kita, agar dapat merambah keseluruh Nusantara,” terangnya.

Senada, Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang, Adhit menerangkan, mengembangkan Ekraf itu bukan hanya peran pemerintah dan pengusaha atau komunitas saja, tapi semua OPD yang ada di Kabupaten Karawang agar Ekraf ini ada di setiap Kecamatan jadi tidak hanya di Kota saja, dan daya jangkau sampai ke masyarakat pesisir selatan untuk bisa diberdayakan perekonomiannya.

Reporter : Nina Melani Paradewi

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments