Tuesday, May 21, 2024
HomeKomunitasPemanfaatan Tanaman Pekarangan, Camat : Kecamatan World Class Itu Penuh Kreatifitas Dan...

Pemanfaatan Tanaman Pekarangan, Camat : Kecamatan World Class Itu Penuh Kreatifitas Dan Inovasi Yang Dapat Di Andalkan.

SUMEDANG | ONEDIGINEWS.COM | Pemerintah Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan melaksanakan pembinaan dalam rangka pelatihan pemanfaatan pekarangan rumah kepada para TP-PKK Desa Sukajaya. Bertempat di Aula Kantor Kepala Desa Sukajaya, (15/06/2022)

Menurut informasi yang di dapat terkait pelaksanaan pelatihan pemanfaatan pekarangan rumah tersebut bersumber dari Dana Desa Sukajaya.

Saat dikonfirmasi Kepala Desa Sukajaya (Sukana) mengatakan bahwa pada hari ini pihaknya melaksanakan ada hari ini pihaknya kegiatan pelatihan pemanfaatan lahan pekarangan yang mana kepesertaannya kami bidik dari dari para ibu-ibu PKK dan keanggotaan Ibu-ibu PKK itu sendiri terdiri dari istri – istrinya Ketua RW dan Ketua RT yang ada di Desa Sukajaya.

Ia berharap manfaat dari pelatihan pemanfaatan pekarangan selain diberikan pelatihan berupa pemaparan materi yang secara teknis oleh PPL UPTD Pertanian Kecamatan Sumedang Selatan wilayah binaan Desa Sukajaya.

” Kami harapkan kedepannya nanti di Sukajaya para Ibu-ibu PKK ini dapat memberikan contoh kepada masyarakat. Bahwa di lahan pekarangannya itu dapat dimanfaatkan untuk menanam tanaman di dalam polybag dan bisa tertular kepada masyarakat yang lebih luas,” ucapnya.

“Terkait penanamanya itu satu jenis tanaman dan serempak, karena kami fikir sesuatu hal yang besar tidak akan bisa terjadi tanpa melakukan hal kecil,” lanjutnya.

Dikatakanya, sekarang yang diberikan pelatihan terkait penanaman jenis Cabai dan Sosin, misalkan satu rumah 5 polybag dikalikan 490 KK, apabila semuanya serempak dengan tanaman sejenis dan di pelihara dengan baik dari mulai pemupukan, pengobatan dan lain sebagainya itu dapat menghasilkan hasil panen yang bagus dan memuaskan. Dan kedepan, dapat menjadi satu suatu ciri khas Desa Sukajaya.

” Minimal warga masyarakat dapat memnfaatkan pekaranganya untuk menanam tanaman tersebut dan hasilnyapun dapat dinikmati untuk di konsumsi ataupun kedepanya dapat mempunyai nilai ekonomis,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Sumedang Selatan (Dra. Marlina, M.Si.) dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi kepada Kepala Desa Sukajaya beserta jajaranya yang telah berinisiatif untuk kreatifitasnya terkait pemanfaatan tanaman pekarangan rumah tangga.

“Salah satunya dalam mencapai perbaikan ekonomi masyarakat, perbaikan masyarakat itu bukan bukan hanya dari penghasilan dari gaji dia berapa dan kerjanya dimana, akan tetapi bagaimana kreativitas dia di rumah dalam memanfaatkan apa yang bisa dihasilkan untuk mengurangi pengeluaran yang ada di rumah tangganya. Sehingga hemat itu ada dan kemudian keuletan mengurus rumah tangga itu ada kemudian tanah pekarangan dapat di pergunakan dengan baik, selain itu juga keterampilan khusus yang luar biasa karena perempuan PKK itu di pembangunan itu lebih cepat berhasil kalau saya lihat,”tuturnya.

” Saya yakin Kepala Desa di luar biasa mengsupport dan juga pendampingan oleh dari PPL pertanian dari Kecamatan Sumedang Selatan ini luar biasa, kedepan itu kita ingin melihat hasilnya,” lanjutnya.

Menurutnya, Kecamatan World Class itu betul-betul pihaknya tampilkan diantaranya ada Desa-Desa dan Kelurahan yang penuh kreativitas dan inovasi yang memang dapat di andalkan.

” Seperti halnya Desa Sukajaya, Sukajaya memang sudah terandalkan dari dulu. Dan Kepala Desa yang sekarang itu mempunyai kreativitas dan inovasi sendiri. Saya yakin sekali ke depan pasti lebih baik lagi dari yang sebelumnya,” pungkasnya.

(rpg)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments