Saturday, July 27, 2024
HomeNasionalPerwira Mabes Polri Kunjungi Pabrik Bahan Peledak di Cikampek

Perwira Mabes Polri Kunjungi Pabrik Bahan Peledak di Cikampek

KARAWANG – Kepala Kepolisian Resor Karawang AKBP Arif Rachman Arifin men dampingi kunjungan rombongan KaBaintelkam Komjen Pol Ryco Amelza selaku Kabaintelkam Mabes Polri PT. Multi Nitrotama Kimia (MNK) Cikampek di Kawasan Industri Kujang Cikampek (KIKC) Desa Kalihurip Kecamatan Cikampek, Karawang.

Kabaintelkam Polri dalam kunjungan langsung ditemui Direktur Utama PT.MNK Ratno Paskalis,dan managemen perusahan pembuat bahan peledak tersebut.

Kunjungan tersebut bertujuan melakukan pengecekan langsung PT. MNK Cikampek selaku produsen bahan peledak jenis Ammonium Nitrate (AN), Nitrid Acid (NA) dan Ammonium Nitrate and Fuel Oil (ANFO) guna antisipasi kejadian serupa di Libanon.

Dimana PT.MNK Cikampek terletak didalam Kawasan Industri Kujang Cikampek (KIKC) merupakan perusahaan yang berdiri pada tahun 1989 bergerak dibidang produsen Ammonium Nitrate dengan produksi 120.000 ton/tahun dan tidak menyimpan Ammonium Nitrate dalam jangka waktu lama karena hasil produksi langsung dikirim ke gudang PT.MNK di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan serta memenuhi kebutuhan pengguna akhir dan bersifat masih bahan baku.

Kegiatan pengecekan meliputi pengecekan terhadap lokasi produksi dan gudang penyimpanan hasil produksi handak dan penyusunan penyimpanan serta jarak aman dengan lingkungan.

Terpisah, dalam keterangannya Kapolres menerangkan Kegiatan tersebut dalam rangka mengantisipasi dalam melakukan pengamanan penyimpanan bahan peledak jenis Ammonium Nitrate pasca kejadian kebakaran gudang Ammonium Nitrate yang mengakibatkan timbulnya ledakan dan korban jiwa di Beirut Libanon.

“Pengecekan ini bersifat antisipasi dan pengaman pabrik bahan peledak di Karawang,” kata Kapolres Karawang.(nan/red)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments