HUT ke-388 Kabupaten Karawang Digelar Virtual dan Sederhana 

73

Karawang – Onediginews.com – Kabupaten Karawang, Jawa Barat genap memasuki usia ke-388 tahun pada hari ini Selasa (14/9/2021).

Walaupun hujan deras sempat mengguyur Karawang namun tidak menurunkan semangat Pemerintah Kabupaten Karawang untuk menggelar rangkaian HUT Karawang 388 ini secara virtual dan sederhana.

Perayaan HUT Karawang ke 388 tahun ini sudah masuk pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2 dan masuk zona kuning.

Sejumlah program dipersiapkan untuk menyemarakan hari jadinya ke-388 tahun.

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana saat menyampaikan pidatonya ia menginginkan kegiatan peringatan HUT yang dilaksanakan 14 September ini digelar dengan cara berbeda, namun sederhana dan bisa dirasakan oleh masyarakat pelosok desa.

“Gebyar HUT Karawang tahun ini harus dirasakan oleh seluruh masyarakat meskipun kita harus membatasi mobilitas masyarakat. Pastinya kita juga harus meniadakan kegiatan-kegiatan yang menimbulkan kerumunan,” katanya.

Sebagai gantinya, dirinya menginstruksikan seluruh dinas memperbanyak kegiatan sosial,  juga ada manfaat untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Bahkan saat pembukaan HUT Karawang ke-388 dilakukan dengan memberikan santuan anak yatim.

Setiap rangkaian program peringatan HUT Karawang oleh dinas harus menerapkan angka 388, seperti usia Kabupaten Karawang saat ini.

“Saya tekankan agar seluruh dinas harus menerapkan angka 388 dalam setiap rangkaian program HUT Karawang, biar gaungnya sampai ke masyarakat selama satu bulan ini,” tegasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, “Bukan hanya dinas saja, dari BJB juga nanti akan memberikan beasiswa kepada 388 siswa yang berprestasi dengan nilai Rp 388.000, dan PDAM juga sama akan ada promo pemotongan iuran sebesar Rp 388.000 selama bulan ini,” tambahnya.

Khusus bagi ASN, Bupati Karawang mengintruksikan agar ASN berbelanja kepada pelaku ekonomi rendah. Mereka wajib membeli barang belanjaan dengan total nominal Rp 388 ribu dalam satu kali transaksi.

“Dan belanjanya harus ke warung biasa, bukan moderen ataupun retail,” ungkapnya.

Selain itu, Bupati Karawang juga memberikan penghargaan kepada warga Karawang yang berprestasi. Minimal prestasi di tingkat Jawa Barat. “Nanti saya akan memberikan Kadeudeuh buat warga Karawang yang telah mengharumkan nama daerah di semua bidang maupun ajang,” katanya.

Aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Karawang, Jawa Barat diminta untuk berbelanja ke warung kecil sebesar Rp 388 ribu dalam rangka Hari Jadi atau HUT ke-388 Karawang. Demikian intruksi Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana.

Teh Celli sapaan akrabnya, menegaskan seluruh ASN itu wajib agar berbelanja kepada pelaku ekonomi rendah atau warung kelontong di dekat rumahnya, lingkungan kantornya maupun tempat lainnya. “Mereka wajib membeli belanja dengan total nominal Rp 388 ribu dalam satu kali transaksi.

Dan belanjanya harus ke warung biasa, warung kelontong, bukan toko moderen ataupun retail,” katanya.

Intruksi itu kata Teh Celli, sebagai bentuk upaya pemulihan ekonomi terhadap pelaku usaha kecil yang terdampak pandemi corona.

Dalam penutupnya ia menginginkan kegiatan peringatan hari ulang tahun Karawang mendatang digelar dengan cara berbeda dan sederhana namun bisa dirasakan oleh masyarakat pelosok desa.

Ditegaskannya, “Gebyar HUT Karawang tahun ini harus dirasakan oleh seluruh masyarakat”. ( FJR )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here